Tray of Togetherness, Manisan Segi 8 Khas Imlek

Manisan segi 8 khas imlek via seva.id ala duniamasak

Perayaan tahun baru Imlek selalu diperingati oleh suku Tionghoa dengan berkumpul bersama keluarga besar serta sanak saudara terdekat. Imlek juga dirayakan dengan berbagai macam hidangan makanan untuk memeriahkan perayaan tersebut seperti mie panjang umur, sate babi, buah-buahan, kue kering, serta yang terutama adalah manisan segi 8. Apa makna dari hidangan manisan segi 8 di hari Imlek? Mari simak penjelasannya di bawah ini.

Manisan Segi 8 Khas Imlek

Umumnya, hIdangan manisan segi 8 ini diletakkan dalam tray alias nampan berbentuk persegi delapan berwarna merah. Karena hidangan manisan ini disediakan dalam jumlah yang banyak (delapan), maka dalam bahasa inggris disebut dengan tray of togetherness. Di wilayah Cina Selatan dan Hong Kong, nampan ini dikenal sebagai prosperity box atau “kotak tahun” yang melambangkan kedamaian dan keharmonisan sesuai dengan arti dari beraneka manisan yang berada dalam satu tempat. Bagi masyarakat suku Tionghoa, angka delapan memiliki makna spesial karena melambangkan keberuntungan. Keberuntungan ini diharapkan akan terus berdatangan di tahun baru sampai setahun mendatang. Namun, sebenarnya tradisi tersebut sudah sangat berkembang sehingga nampan tidak selalu persegi delapan melainkan ada juga yang menempatkan manisan dalam wadah modern berbentuk lingkaran dengan sekat, persegi enam, dan tentunya persegi delapan juga. Nampan berisi permen dan manisan ini akan diberikan saat berkunjung ke rumah keluarga, saudara, atau teman terdekat. Sebenarnya, hidangan dalam nampan ini adalah manisan-manisan yang cukup sulit ditemukan sehingga banyak orang lebih menyukai membeli nampan ini langsung dalam kemasan yang dijual di pasaran dibandingkan dengan membuat sendiri di rumah.

Manisan segi 8 khas imlek via tribunnews.com ala duniamasak
Manisan segi 8 khas imlek via tribunnews.com

Oleh karena tradisi ini sudah berkembang pesat, manisan segi 8 khas Imlek mempunyai belasan jenis manisan dan permen yang bisa dipilih untuk menjadi isian nampan serta tidak ada aturan khusus tentang apa saja varian manisan yang wajib dimasukkan ke dalam nampan. Setiap makanan memiliki makna masing-masing yang juga dapat dilambangkan sebagai doa untuk penerima. Berikut arti dari beberapa manisan yang umumnya dipilih sebagai isian tray of togetherness:
Manisan melon: melambangkan kesehatan dan perkembangan hidup.
Jeruk kumquat: melambangkan kemakmuran dan emas.
Kelapa kering atau kelapa segar: melambangkan persatuan dan persahabatan.
Kelengkeng: melambangkan banyak anak.
Biji teratai: melambangkan kesuburan.
Buah leci: melambangkan ikatan keluarga yang kuat.
Kacang tanah: melambangkan doa agar panjang umur.
Semangka merah: melambangkan kebahagiaan dan kejujuran.
Susunan ini tidak mutlak dan tentunya bisa diganti dengan makanan lain yang melambangkan kemakmuran dan keberuntungan misalnya diisi dengan water chestnut, akar teratai, winter melon, dan wortel.

Baca lainnya  Sehat Bersama Susu Kedelai: Manfaat yang Jarang Diketahui

Sangat unik dan bermakna, kan? Jangan lupa untuk membawakan tray of togetherness atau manisan segi 8 khas imlek ini untuk diberikan kepada keluarga dan sanak saudara agar perayaan menjadi lebih ceria dan meriah. Happy Chinese New Year, everyone! ๐Ÿ˜€

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!