Trik Membuat Kue, Apa Aja sih yang Harus Kamu Lakukan?

Tips Membuat Kue Baking via www.bakingo.com

Bulan Mei ini, tim duma akan lebih banyak mengangkat seputar kue. Bagi kamu yang ingin membuat demi hasil kue tidak gagal, kamu siap-siap menyimak artikel-artikel seputar trik membuat kue dari tim duma ya! Dalam membuat kue, kita harus mengetahui trik-trik anti gagal agar kue buatanmu tidak bantet. 

Hal-hal yang Harus Kamu Perhatikan untuk Membuat Kue

Waffle membuat kue via pixabay.com

Waffle via pixabay.com

Trik Memilih Terigu yang Sesuai dengan Kebutuhan Pembuatan Kuemu

Sebagaimana yang kita tahu, terigu menjadi bahan utama pembuatan kue, untuk itu kamu harus memilih terigu yang tepat sesuai kebutuhanmu. Perhatikan  beberapa tingkat terigu berdasarkan kandungan proteinnya berikut ini:

  • Tepung terigu dengan protein tinggi: tepung jenis ini cocok banget untuk membuat adonan yang memerlukan tingkat elastisitas dan kekenyalan yang tinggi. Hasil olahan makanan yang menggunakan tepung ini biasanya mengembang, lembut, kenyal juga elastis lho! Namun, kekurangan tepung terigu ini adalah tidak tahan lama sehingga makanan hasil olahannya cepat basi.
  • Tepung terigu dengan protein sedang: tepung jenis ini cocok banget untuk membuat makanan yang bertekstur lembut namun cukup mengembang. Tepung jenis ini paling aman digunakan karena jika tidak mempunyai tepung protein rendah atau tinggi, kamu bisa menggunakan tepung terigu protein sedang. Oleh karena itu tepung terigu sedang disebut sebagai tepung terigu untuk aneka olahan makanan.
  • Tepung terigu protein rendah: tepung ini biasa digunakan untuk membuat adonan yang tidak memerlukan tekstur kenyal dan elastis sehingga baik untuk membuat kue-kue yang renyah. Kelebihan tepung terigu ini adalah lebih tahan lama karena kandungan proteinnya yang rendah. Membuat olahan kue dengan tepung ini bisa tahan hingga 6 bulan lho!
Baca lainnya  The True Indonesian Flavor Hanya di Plataran Dharmawangsa & Plataran Menteng

Memilih Telur yang Baik

Cara memilih telur dengan kondisi terbaik dapat dilihat dari kekentalan putih telur saat dibuka. Telur idealnya disimpan pada suhu ruang dan sebisa mungkin hindari menyimpan telur di dalam kulkas jika akan digunakan untuk membuat kue ya!

Pentingnya Memilih Gula yang Tepat untuk Berbagai Kue

Kegunaan gula dalam kue atau roti selain sebagai pemanis juga pengawet alami yang membuat makanan lebih tahan lama.  Seperti halnya tepung terigu, pemilihan gula dalam kue tergantung dari jenis kue yang akan dibuat ya!

  • Gula pasir adalah gula putih yang biasa digunakan sehari-hari dengan tekstur yang lebih kasar
  • Gula castor adalah gula putih yang memiliki tekstur lebih halus dibanding gula pasir. Sering digunakan untuk membuat kue karena lebih cepat larut dalam adonan. Dengan sifatnya ini, gula castor bisa menghasilkan kue yang renyah dan warna yang bagus.
  • Gula jawa (palm sugar) adalah gula berwarna coklat karena sesuai dengan namanya, gula ini berasal dari keluarga pohon palem-paleman. Gula tipe ini biasa digunakan untuk muffin atau brownies karena akan menghasilkan tekstur yang kenyal.
Baca lainnya  Tips Mengocok Telur Agar Mengembang Sempurna!

Teknik Mengaduk Adonan

Menggunakan Mixer

Trik menggunakan mixer untuk membuat kue adalah mulai dengan kecepatan rendah terlebih dahulu kemudian naikkan kecepatan secara bertahap untuk mengembangkan adonan. Kecepatan tertinggi pada tahap akhir diperlukan untuk mengokohkan adonan.

Menggunakan Spatula

Sebaliknya dalam trik membuat kue, jika kamu mengocok adonan menggunakan spatula, gunakan teknik aduk balik secara perlahan sampai adonan tercampur rata. Hal ini penting untuk dilakukan agar adonan tidak kempis atau kembali cair.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!