Tubuh Tetap Sehat Saat Bulan Ramadhan dengan 7 Tips Ini!

Sehat Selama Bulan Ramadhan via www.pinterest.fr

Sahabat duma, bulan Ramadhan, bukanlah alasan untuk kita bermalas-malasan. Nah, agar puasa kamu tahun ini tetap lancar, tubuh tetap sehat, dan segar bugar, tim duma punya tipsnya nih! Ikuti tips menjalani aktifitas selama bulan Ramadhan ini yuk!

Tips Selalu Sehat Selama Bulan Ramadhan

Ngabuburit di bulan Ramadhan via Marina Resort

Ngabuburit di bulan Ramadhan via Marina Resort

Oiya sebagaimana yang kita ketahui, ada beberapa keluhan saat menjalani puasa dengan pola makan yang kurang baik seperti hal nya kurang asupan serat, air, serta terlalu banyak mengonsumsi makanan yang digoreng pada saat sahur ataupun berbuka. Nih ikuti 7 tips berikut ini:

1. Jangan Lewatkan Sahur

Bagi sahabat duma yang seringkali melewatkan sahur di bulan Ramadhan, sebaiknya mulai Ramadhan nanti jangan sampai ketinggalan sahur ya! Makanlah yang benar saat sahur dengan mengonsumsi biji – bijian, kacang – kacangan, sayur dan buah–buahan untuk memenuhi kebutuhan serat tubuh. Oiya, serta jangan lupa untuk mengkonsumsi air putih yang cukup agar terhindar dari dehidrasi selama menjalani puasa.

Baca lainnya  Pameran Taiwan Expo 29-31 Maret 2018: Temukan Solusimu Di sini!

2. Konsumsi Kurma Saat Berbuka

Selama berbuka puasa nanti, biasakan mengkonsumsi satu sampai tiga butir kurma dan meminum segelas air putih terlebih dahulu begitu adzan Maghrib berkumandang. Kurma sangat baik untuk kesehatan tubuh dan memiliki kalori yang rendah.

3. Penuhi Kebutuhan Cairan

Minumlah dengan teratur di malah hari dan selama sahur. Hal ini berguna untuk membantu kita tetap waspada dan terhidrasi.

4. Pilih Karbohidrat Kompleks, Bukan Karbohidrat Sederhana

Beras putih merupakan karbohidrat sederhana. Nah, karbohidrat sederhana dipecah sangat cepat oleh tubuh untuk digunakan sebagai energi. Sedangkan karbohidrat kompleks seperti beras merah, gandum, oat, dan beras hitam membuat kita kenyang lebih lama lho!

Baca lainnya  9 Makanan yang Wajib Dikonsumsi Oleh Pengantin Baru

5. Makan Makanan Seimbang

Pastikan asupan makanan saat berbuka dan sahur memenuhi semua kelompok makanan 4 sehat 5 sempurna. Maka keluhan yang kerap terjadi di bulan Ramadan tidak akan kita rasakan lagi.

6. Hindari Kafein

Kafein bersifat diuretic yang membuat kita lebih sering buang air kecil, sehingga cairan dalam tubuh cepat hilang. Cobalah mengurangi minuman berkafein secara berlebihan selama bulan Ramadhan.

7. Hindari Minuman Manis

Tanpa disadari, minuman manis yang kita jumpai lalu dikonsumsi secara rutin di bulan Ramadan telah memenuhi 1.000 kalori yang dibutuhkan tubuh per hari. Untuk itu, ingatlah agar terhindar dari kenaikan berat badan selama puasa, energi yang dikeluarkan harus lebih banyak daripada energi yang masuk. Lebih baik minum segelas air putih ataupun infused water agar mendapatkan manfaatnya.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!