WOW! Ternyata Jenis Kimchi Ada Banyak Lho!

Jenis kimchi via freepik ala tim duniamasak.com

Bagi sahabat Duma yang menggemari makanan khas Korea, tentunya sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini. Ya, kimchi dengan rasa asam dan pedas mampu menjadi daya tarik tersendiri bagi kita untuk selalu mencobanya. Di Korea, kudapan ini sering dijadikan side dish dan juga makanan pendamping bahkan dijadikan sup kimchi. Kimchi berasal dari bahan-bayan sayuran yang difermentasi bersamaan dengan cabai. Selain itu kimchi juga memiliki banyak jenis, yuk simak artikel tentang jenis kimchi yang pastinya sangat menggugah selera!

Jenis Kimchi, Cita Rasa Asam dan Pedas

Seperti yang kita ketahui bahwa kimchi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya dapat menjaga sistem kekebalan tubuh. Untuk merasakan manfaat tersebut tidak ada salahnya kita mencoba kimchi. Sahabat Duma yang penasaran dan ingin mencoba kimchi dapat melihat dahulu jenis kimchi sebagai pilihan sahabat Duma berikut ini:

Bossam kimchi

Bossam kimchi jenis kimchi via korea.net ala tim duniamasak.com
Bossam kimchi via korea.net

Dari arti kata bosssam sendiri adalah dibalut atau dibungkus. Tidak heran bila kimchi ini dibungkus dengan kubis. Kimchi ini terbuat daru buah dan kacang-kacangan. Tidak hanya itu, tambahan seafood yang diberi bumbu cabai, minyak ikan dan bawang putih menjadikan kimchi ini sangatlah nikmat.

Baca lainnya  Mengenal Produk Wise untuk Hotel, Restoran, dan Kafe

Baechu kimchi

baechu kimchi via wikipedia ala tim duniamasak.com
Baechu kimchi via wikipedia

Kalau yang satu ini pasti sering sahabat Duma lihat di Drama Korea. Kimchi yang stau ini berasal dari sawi putih yang difermentasikan. Tidak hanya sebagai pendamping, baechu kimchi juga sering dijadikan tambahan nasi goreng lho sahabat Duma!

Oisobagi kimchi

oisobagi kimchi via koreanbapsang.com ala tim duniamasak.com
Oisobagi kimchi via koreanbapsang.com

Kimchi ini berbahan dasar mentimun. Cara penyajiannya pun mentimun dibelah menjadi empat pada ujung atasnya, kemudian mentimun diisi oleb beberapa sayuran seperti sawi, wortel dan lobak. Oisobagi juga sering dijadikan pendamping saat menikmati hidangan sup lobak.

Gat kimchi

Gat via ec21.com ala tim duniamasak.com
Gat kimchi via ec21.com

Mirip dengan baechu kimchi, hanya saja gat kimchi menggunakan sawi hijau. Gat kimchi juga tidak terlalu berair seperti baechu dan juga memiliki rasa yang lebih asam.

Chonggak kimchi

Chonggak via maangchi.com ala tim duniamasak.com
Chonggak kimchi via maangchi.com

Kimchi ini terbuat dari lobak, dengan rasa yang lebih pedas dibandingkan kimchi yang populer yaitu baechu kimchi.

Kkaenip kimchi

Kkaenip via koreanfoodgalery.com ala tim duniamasak.com
Kkaenip kimchi via koreanfoodgalery.com

Dari namanya saja unik ya sahabat Duma? Kimchi ini berbahan dasar tanaman kkaenip atau perilla dan tanaman ini mirip sekali dengan mint.

Baek kimchi

baek via koreanbapsang.com ala tim duniamasak.com
Baek kimchi via koreanbapsang.com

Berbeda dengan kimchi pada umumnya yang menggunakan tambahan pasta cabai. Baek kimchi tidak menggunakan cabai sehingga rasanya tidak pedas. Selain itu baek kimchi tidak hanya berisi sawi putih tapi juga buah-buahan, lobak, daun kucai dan lain-lain.

Baca lainnya  Menariknya Filosofi Nasi Tumpeng Beserta Lauk Pauk Sebagai Pelengkap

Yangbaechu kimchi

Yangbaechu via koreanbapsang.com ala tim duniamasak.com
Yangbaechu kimchi via koreanbapsang.com

Kimchi ini juga termasuk unik, karena kimchi ini disebut dengan kimchi darurat. Dikatakan demikian karena proses pembuatannya tanpa mengalami proses fermentasi.

Tongbaechu kimchi

Tongbaechu via worldfood.guide ala tim duniamasak.com
Tongbaechu kimchi via worldfood.guide

Menjadi kimchi yang populer tidak heran bila kimchi yang satu ini sering disajikan di restoran Korea yang ada di Indonesia. Mirip dengan baechu, kimchi ini juga terbuat dari sawi putih.

Sseumbagwi kimchi

Kimchi ini berasal dari akar sayur selada. Diyakini bahwa akar selada memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Rasa dari kimchi ini pun terasa pahit, asam, dan pedas.

Nah bagaimana sahabat Duma? Apakah sudah menentukan ingin menyantap jenis kimchi yang yang mana? Kalau sahabat Duma sudah mulai bingung, karena banyak yang kimchi yang ingin Duma coba! Eitts sahabat Duma juga bisa loh membuat kimchi di rumah jangan lupa untuk menggunakan peralatan masak dari Duniamasak yang dijamin keasliannya!

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!