Yuk Intip Perayaan Tahun Baru di Jepang

Perayaan Tahun Baru di Jepang via pexels.com

Tahun 2017 akan segera berakhir nih sahabat duma. Perayaan tahun baru tentunya berbeda-beda di tiap Negara. Kamu suka menjelajah di penghujung tahun? Tim duma punya informasi menarik seputar perayaan tahun baru di Jepang nih. Banyak banget hal menarik yang menjadi rutinitas perayaan tahun baru di Jepang.

Perayaan Tahun Baru di Jepang

Dekorasi Tahun Baru Khas Jepang

Dekorasi Natal Jepang via halojepang.blogspot.co.id

Dekorasi Natal Jepang via halojepang.blogspot.co.id

Mendekati perayaan tahun baru, di Jepang sejak awal bulan desember hingga tanggal 25 Desember, Jepang gemerlapan dengan lampu-lampu dan dekorasi Natal lainnya. Namun, begitu memasuki tanggal 26 Desember, dekorasi Natal dilepas dan dekorasi Tahun Baru dipasang. Di antara ornamen budaya yang mungkin akan kamu temui adalah kagamimochi, dua kue mochi dari beras ketan yang ditumpuk dan di atasnya dihiasi dengan jeruk daidai, kadomatsu, rangkaian bambu dan daun pinus yang diletakkan di pintu masuk, dan shimenawa, ornamen yang terbuat dari tali yang sering ditaruh di gerbang untuk mengusir roh-roh jahat.

Baca lainnya  Tips Mengocok Telur Agar Mengembang Sempurna!

Menyantap Soba: toshikosi Pada Malam Tahun Baru

Soba Toshikoshi via www.youtube.com

Soba Toshikoshi via www.youtube.com

Perayaan tahun baru selanjutnya adalah menayantap soba. Soba toshikoshi yang berarti “pergantian tahun”, di Jepang disantap sebagai hidangan terakhir dalam suatu tahun. Hidangan ini mempunyai tujuan praktis sekaligus simbolis; yakni karena untuk mempersiapkan Tahun Baru sudah menghabiskan banyak waktu, maka hidangan sederhana berupa mi tipis yang terbuat dari buckwheat ini akan dapat membantu meringankan beban.

Memukul Genta Tahun Baru di Kuil

Genta via www.mafengwo.cn

Genta via www.mafengwo.cn

Perayaan tahun baru di Jepang atau tradisi tahun baru di Jepang sangat banyak berkaitan dengan upacara pemurnian diri. Ritual ini di Jepang dikenal dengan nama joya no kane, dan dilaksanakan di kuil-kuil Buddha di seluruh Jepang pada hari terakhir dalam suatu tahun. Genta kuil dipukul sebanyak 108 kali, yang melambangkan 108 godaan dunia seperti yang diajarkan dalam agama Buddha, dan dengan demikian tindakan tersebut merupakan cara untuk melepaskan diri kita dari dosa-dosa.

Baca lainnya  7 Macam Sayuran Rebus yang Lebih Sehat & Bermanfaat

Menyaksikan Terbitnya Matahari Pertama Kali di Awal Tahun

Matahari Terbit via www.upstation.id

Matahari Terbit via www.upstation.id

Jepang terkenal dengan nama “negeri matahari terbit”, tak heran kalau banyak orang Jepang yang memegang keyakinan bahwa matahari terbit yang pertama kali pada suatu tahun, atau hatsuhinode, memiliki aspek supernatural. Berdoa pada saat matahari mulai muncul di ufuk untuk pertama kali dalam tahun yang baru dikatakan memberi keberuntungan, khususnya jika dilakukan di tempat-tempat yang pemandangan matahari terbitnya sangat indah. Banyak orang bepergian ke gunung atau ke pantai, menunggu terbitnya matahari dan memulai tahun dengan semangat yang baru.

 

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!