7 Makanan yang Sehat untuk Kaum Wanita

Perawatan wanita dari ujung kaki sampai ujung kepala memang bisa dibilang akan merogoh kocek kita dalam-dalam. Bukan hanya itu, konsistensi juga harus dijaga ya sahabat duma! Nah, kamu nggak usah pusing-pusing karena takut terlalu banyak uang yang dihabiskan untuk perawatan. Tim duniamasak akan membagikan informasi seputar makanan yang sehat untuk kaum wanita.

Daftar Makanan yang Sehat

makanan yang sehat untuk wanita via pexels
makanan yang sehat untuk wanita via pexels

Edamame

Salah satu makanan super yang dapat membantu menjaga kesehatan wanita adalah edamame. Edamame mengandung banyak serat dan lemak. Kandungan ini sangat baik untuk menjaga fungsi organ tubuh wanita tetap bekerja secara maksimal, meskipun usia terus bertambah. Ya, bener banget seiring bertambahnya usia, ketakutan akan penuaan akan menghampiri kaum hawa ya sahabat duma.

Tidak hanya itu, edamame juga mengandung isoflavon, yaitu senyawa mirip estrogen yang bisa menjadi sahabat baikmu saat menopause. Pasalnya, ini sangat membantu mengatasi hot flashes atau sensasi panas dalam tubuh saat menopause.

Brokoli

Brokoli termasuk salah satu sayuran hijau yang sangat bermanfaat untuk kesehatan wanita. Kandungan yang terdapat di dalam brokoli mengandung sulforaphane, zat kimia yang dapat membantu menurunkan kelebihan estrogen dalam tubuh sehingga mampu mencegah risiko kanker.

Selain itu, sayuran yang berbentuk seperti pohon ini juga mengandung vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan untuk meningkatkan kekebalan tubuh seperti vitamin C, vitamin A, serat, folat, kalsium, zat besi, dan kalium. Maka itu, kamu dianjurkan untuk mengonsumsi setidaknya 500 gram brokoli dalam seminggu. Wah sangat bermanfaat ya!

Baca lainnya  Tips Memilih Kitchen Set Untuk Rumah Minimalis Modernmu: Nggak Repot Lagi!

Sarden

Sarden juga baik untuk kamu yang sedang aktif menyusui. Perbanyaklah mengonsumsi sarden. Sebab sarden mengandung asam lemak sehat, vitamin D, serta kalsium yang dapat meningkatkan kualitas ASI. Nggak hanya itu nih sahabat duma, ikan sarden juga mengandung asam lemak omega-3 yang secara khusus terdiri dari DHA dan EPA. Ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak pada bayi dalam kandungan. Nah, bagi wanita yang tidak sedang hamil dan menyusui, ikan sarden juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak.

Beri-berian

Buah beri-berian memiliki warna yang hidup sehingga memiliki daya tarik bagi para wanita. Misalnya saja blueberry, raspberry, dan blackberry. Tidak hanya cantik dari segi warnanya saja, beri-berian nyatanya memberikan manfaat yang tak kalah menarik untuk kesehatan wanita.

Buah beri ini berfungsi untuk melindungi sel-sel sehat dari kerusakan. Bagi kamu yang sudah memasuki usia lanjut, buah beri sangat cocok dikonsumsi untuk membantu menjaga ketajaman otak agar tak mudah pikun.

Kacang panggang

Bagi wanita yang memiliki masalah hipertensi atau diabetes, ada baiknya kamu mengonsumsi kacang-kacangan. Kacang-kacangan yang kaya serat dan rendah lemak bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan gula darah.

Baca lainnya  Makanan yang Harus Dihindari Jika Ingin Kulit Sehat dan Cerah

Pilihlah kacang merah, kacang kenari, atau kacang almond yang aman untuk menjaga kolesterol tubuh agar tetap stabil. Dengan mengonsumsi 12 buah kacang kenari setiap harinya, kamu akan terhindar dari risiko penyakit jantung.

Pepaya

Buah pepaya yang terasa manis nyatanya juga memberikan manfaat manis bagi kesehatan wanita. Warna jingga kemerahan pada buah pepaya berasal dari kandungan beta-karoten dan likopen. Dua hal tersebut sangat bermanfaat untuk menurunkan risiko kanker leher rahim dan payudara, dua penyakit paling mematikan bagi para wanita.

Dengan makan buah pepaya secara rutin, kamu juga akan terhindar dari risiko penyakit jantung. Sebab, pepaya mengandung antioksidan yang dapat membantu menjaga kolesterol dan tekanan darah dari lonjakan drastis sebagai akibat penuaan.

Yogurt

Bagi kamu yang telah berusia 50 tahun ke atas, kamu membutuhkan asupan kalsium tambahan agar terhindar dari osteoporosis. Yap, kalsium akan kamu dapatkan dari yogurt. Sumber kalsium yang tak kalah penting dari susu. Pasalnya, setiap 230 gram yogurt dapat memenuhi sepertiga kebutuhan kalsium kamu setiap harinya lho! Maka itu, pilihlah yogurt yang diperkaya dengan vitamin D untuk membantu tubuhmu menyerap mineral dengan lebih baik.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!