Alat Penyeduh Kopi Rumahan ala Cafe

Alat penyeduh kopi via freepik ala duniamasak

Siapa bilang minum kopi harus mahal? Di zaman yang kekinian ini, kita terlalu dimanjakan dengan semua yang serba instan. Minum kopi pun dikemas secara apik yang perlu menguras kocek lebih besar. Apalagi, minuman kopi yang sudah mempunyai merek ternama. Padahal jika dilihat pada zaman dahulu, kopi bisa dinikmati secara sederhana. Alat penyeduh kopi rumahan pun sudah ada sejak dulu kala dan sekarang sudah di modernisasi menjadi lebih baik dan praktis.

Alat Penyeduh Kopi Yang Praktis

Semua orang pasti suka dengan sesuatu yang praktis. Minum kopi dengan cara yang sangat praktis akan memudahkan kita untuk mengonsumsinya kapanpun kita mau. Alat penyeduh kopi rumahan ala cafe yang praktislah yang menjadi incaran para pecinta kopi. Dengan kemudahan dan fleksibilitas yang ditawarkan, alat penyeduh kopi semakin berkembang ke arah yang lebih hebat untuk memanjakan para penikmat kopi. Mari simak beberapa rekomendasi alat penyeduh kopi dari Duniamasak.com yang bisa kita gunakan di rumah:

V60

Alat penyeduh kopi V60 via freepik ala duniamasak
V60 via freepik

Pasti jika sering berkunjung ke cafe, tidak akan asing dengan alat ini. V60 merupakan alat penyeduh kopi yang berbentuk agak kerucut seperti cangkir dengan ujung berlubang atau bisa disebut sebagai dripper. Untuk menyeduh kopi menggunakan alat ini, dibutuhkan kertas saring atau filter. Penggunaannya adalah dengan cara filter diletakkan sebagai alas V60 lalu basahi menggunakan air panas kemudian tuang kopi pada dripper.

French Press

French Press via kopidam ala duniamasak
French Press via kopidam

Sesuai namanya, alat ini digunakan dengan cara ditekan. French press bisa dibilang cukup mudah digunakan dengan fitur plunger atau alat penekan. Alat ini digunakan dengan cara menuang kopi yang telah digiling ke dalam French press lalu tuangkan juga air panas. Tunggu beberapa saat, kemudian tutup dengan wadahnya lalu tekan plunger. Dalam membuat minuman kopi dengan alat ini, disarankan untuk menggunakan kopi yang digiling kasar daripada kopi yang digiling halus. Hal ini dikarenakan ampas dari kopi yang digiling halus akan merembes melalui saringan dari French Press dan hasil seduhan akan bercampur dengan ampas kopi tersebut.

Baca lainnya  Tips Cara Menyimpan ASI Agar Tetap Awet

Grinder

Alat penyeduh kopi Grinder via freepik ala duniamasak
Grinder via freepik

Grinder merupakan alat penggiling kopi. Sensasi mengolah biji kopi sendiri akan lebih nikmat dilakukan di rumah yang bernuansa nyaman. Kopi lebih nikmat jika baru digiling sebelum diseduh. Jadi, alangkah lebih baik jika kita membeli kopi yang masih berbentuk biji dan menggilingnya sebelum diseduh. Terdapat 2 macam Grinder antara lain manual dan elektrik. Grinder manual tergolong mempunyai harga yang jauh lebih terjangkau namun perlu mengeluarkan sedikit tenaga untuk menggiling kopinya. Sedangkan Grinder elektrik bisa dibilang memiliki harga yang beragam. Pilihlah sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan di rumah.

Moka Pot

Alat penyeduh kopi Moka Pot via freepik ala duniamasak
Moka Pot via freepik

Jika dilihat sekilas, alat ini sangatlah praktis untuk digunakan di rumah. Dengan menggunakan alat bernama Moka pot ini, memungkinkan kita untuk menyeduh kopi dengan cara memanaskan langsung di atas kompor. Moka pot memiliki beberapa bagian yaitu bagian cangkir bawah untuk tempat air, coffee plug untuk tempat kopi, dan cangkir bagian atas yang mempunyai tabung untuk mengalirkan air melalui coffee plug. Untuk membuat kopi dengan alat ini pun cukup mudah. Caranya adalah tuang air pada cangkir paling bawah lalu pasang coffee plug di atasnya. Kemudian tuang kopi sesuai selera ke coffee plug lalu pasang ke cangkir bagian atas. Panaskan di atas kompor lalu hasil seduhan kopi akan mengalir di cangkir atas.

Baca lainnya  Tips Cerdas Memilih Alat Masak yang Aman. Yuk, Lindungi Keluarga Anda!
{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!