Apa Bedanya Hand Blender Dengan Blender Biasa?

Share artikel ini:

Blender digunakan untuk menghaluskan bahan makanan dengan mudah dan cepat. Saat kamu menghaluskan bahan makanan menggunakan blender, tidak akan ada banyak tenaga yang digunakan. Seiring dengan berkembangnya teknologi blender kini semakin beragam, bukan hanya blender manual, sekarang juga ada hand blender. Tidak seperti blender manual, hand blender ini lebih praktis dan juga mudah untuk digunakan. Namun, mana yang tepat digunakan? Manual blender atau hand blender, ya?

Manual blender dan hand blender memiliki fungsi, serta cara penggunaan masing-masing. Hand blender memiliki bentuk dan penggunaan yang lebih fleksibel, dibanding manual blender.

Sebelum Anda membeli, pastikan fungsi masing-masing blender. Termasuk kecepatan, kemampuan, dan kekuatan menghancurkan bahan. Serta, kebutuhan blender Anda yang sesuai dengan kegiatan masak sehari-hari. Kedua blender ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, jadi sebelum kamu memutuskan untuk membeli hand blender atau blender biasa lihat yuk ulasan dari duniamasak.com untuk kalian agar tidak bingung lagi menentukan pilihan

Pada dasarnya, hand blender bisa digunakan dengan fleksibel, karena ringan jadi bisa dibawa kemanapun dengan mudah. Hand blender memiliki gagang yang panjang, berguna untuk menghancurkan makanan di wadah yang dalam, baik dalam jumlah sedikit maupun banyak.

Baca lainnya  Jangan Berkecil Hati, Semua Orang Pun Bisa Masak!

Sedangkan, manual blender memiliki wadah yang menjadi satu dengan mata pisau. Sehingga kapasitas makanan yang bisa dihancurkan tergantung besar kecilnya wadah blender. Manual blender lebih sulit dibersihkan, dibanding hand blender.

Lebih lengkapnya, simak penjelasan berikut ini yuk:

Bentuk

Bentuk manual blender lebih kuat dan lebih besar dari hand blender. Saat penyimpanan, manual blender butuh tempat yang lebih luas dan lebih besar, baik di dalam lemari atau di atas meja. Wadah, mata pisau, dan mesin blender biasanya bisa dilepas, sehingga sedikit memudahkan proses pencucian dan penyimpanan. Sedangkan, hand blender memiliki mata pisau dan mesin yang menyatu, namun tidak memiliki wadah seperti manual blender, serta mudah untuk dibersihkan.

Kekuatan

Blender via: http://www.banyakbaca.com

Hand blender memiliki ukuran yang lebih kecil sehingga tidak lebih kuat dari manual blender. Jadi, jika Anda ingin menghaluskan makanan yang memiliki tekstur keras, sebaiknya gunakan manual blender. Manual blender biasanya bisa membuat makanan lebih halus, dibandingkan hand blender.

Aksesoris

Hand Blender via: http://assets.sajiansedap.com

Hand blender tidak memiliki wadah untuk menghaluskan makanan, sehingga membutuhkan wadah lain seperti panci atau mangkuk. Hand blender bisa digunakan di wadah apa saja, sehingga lebih menyenangkan dan cepat. Tidak perlu mencuci wadah terlebih dahulu jika ingin menghaluskan makanan yang lain. Sedangkan, manual blender wadah harus dicuci terlebih dahulu, sebelum digunakan untuk menghaluskan makanan berikutnya.

Baca lainnya  Bingung Bagaimana Memilih Pisau yang Bagus? Simak Tips Berikut ya!

Hand blender biasanya juga memiliki jenis mata pisau yang lebih beragam. Ada yang bisa digunakan untuk mengocok, menggiling, menghaluskan, hingga bisa melumatkan makanan.

Jika kamu hanya menggunakan blender untuk membuat jus atau bumbu masakan maka hand blender bisa menjadi alternatif buat kamu karena bentuknya yang lebih simpel dan ada juga yang tidak menggunakan listrik sehingga kamu gak perlu lagi khawatir saat liburan

Aneka Blender Oxone

Apapun jenis blendernya alat ini merupakan alat yang sangat penting untuk keperluan dapur kamu, jangan lupa juga untuk membeli blender berkualitas agar umur dan kualitas yang dihasilkan dapat tetap terjaga dan tahan lama. Untuk melihat blender yang berkualitas bisa kalian lihat di duniamasak.com dan temukan penawaran harga yang sangat menggoda! Yuk cepetan lihat keburu promo habis loh!

Jadi, sudah bisa menentukan pilihan belum mau blender biasa atau hand blender? Semuanya kembali lagi ke kebutuhan kamu ya, semoga artikel ini bermanfaat buat kamu ya sobat DuMa, jangan lupa juga untuk follow kita di Instagram @duniamasakid. Sampai bertemu di artikel berikutnya 🙂

Share artikel ini:

Yuk bahas artikel ini!