Berbagai Macam Resep Popcorn Enak

Resep Popcorn DuniaMasak via pexels.com

Popcorn adalah cemilan yang hampir disukai oleh semua orang. Cara membuatnya sebenarnya gampang-gampang susah nih sahabat duma. Kamu harus menemukan resep yang pas untuk membuat olahan rasa popcorn yang berbeda. Berikut tim duma punya beberapa resep popcorn enak dan praktis di rumah.

Popcorn via jamiecooksitup.net

Popcorn via jamiecooksitup.net

Resep Popcorn Manis Rasa Buah

  1. Pertama, panaskan oven sampai suhu 149°C. Kemudian siapkan loyang yang dilapisi dengan kertas roti atau juga bisa dengan menyemprotkan minyak goreng.
  2. Setelah itu tuangkan popcorn ke dalam mangkuk besar. Pastikan wadah atau mangkuknya cukup besar, jadi kamu bisa mencampur popcorn dengan perisa dengan mudah.
  3. Masukkan semua bahan seperti mentega, sirup, gula, dan penyedap bersama-sama ke dalam panci dan panaskan diatas api sedang. Didihkan campuran, lalu kecilkan api supaya mendidih pelan. Panaskan selama kurang lebih 5 menit.
  4. Lalu tuangkan atau oleskan campuran bumbu perisa yang sudah panaskan tadi pada popcorn yang sudah disiapkan. Pastikan setiap bagian popcorn-nya terlapisi oleh bumbu perisa.
  5. Sebarkan popcorn diatas loyang. Cukup gunakan sendok untuk menyebarkan popcorn dalam satu lapisan.
  6. Panggang popcorn selama 10 menit di dalam oven yang sudah dipanaskan tadi. Ini akan membuat popcorn-nya mengeras dan bumbu perisanya akan menyatu dengan popcorn. Kalau kamu ingin popcorn ekstra renyah, panggang selama 15 menit.
  7. Setelah itu keluarkan, dan diamkan sejenak sampai popcorn-nya terasa dingin sebelum bisa dinikmati.
Popcorn via bitzngiggles.com

Popcorn via bitzngiggles.com

Resep Popcorn Warna Warni Rasa Mentega

Bahan-bahan

  • 1 sendok makan mentega
  • 1/3 gelas jagung untuk popcorn
  • Pewarna makanan cair atau gel
  • Garam
Baca lainnya  Cara Memilih Cangkir atau Gelas Sesuai Kebutuhanmu!

Cara Membuat Popcorn Warna-warni Rasa Mentega

  1. Langkah pertama adalah melelehkan 1 sendok makan mentega ke dalam panci atau mangkuk besar yang nantinya akan kamu gunakan untuk membuat popcorn. Jika kamu menggunakan wajan dalam, cairkan mentega diatas kompor, sedangkan jika menggunakan mangkuk besar, kamu bisa mencairkannya di dalam microwave.
  2. Kemudian tambahkan pewarna makanan. Karena warna popcorn-nya nanti akan menempel pada jari dan bibirmu, maka gunakan pewarna makanan beberapa tetes saja, 5-10 tetes sudah cukup untuk membuat popcorn jadi lebih berwarna tanpa membuat tangan terlalu kotor.
  3. Perlu diperhatikan, jika kamu menggunakan pewarna makanan merah, periksa labelnya untuk memastikan perwarnanya ‘unflavoured’ atau tanpa perisa. Karena pewarna makanan merah sering memiliki rasa yang pahit, tapi kalau di labelnya tertulis ‘unflavoured’ atau tanpa diberi perisa, itu tidak akan terasa pahit.
  4. Selanjutnya tuang 1/3 gleas biji jagung ke dalam campuran mentega, lalu aduk sampai rata. Kamu bisa memasak popcorn diatas kompor dengan api sedang atau di dalam microwave. Tutup wajan, lalu goyang-goyangkan setiap beberapa saat selagi biji jagung memanas dan mulai meletus menjadi popcorn. Jika letupannya melambat, matikan apinya.
  5. Jika kamu menggunakan mangkuk, tutup mangkuk dan tempatkan dalam microwave. Panggang jagung dengan pengaturan panas tinggi selama dua sampai tiga menit. Ketika letusan popcorn melambat, keluarkan mangkuk dari microwave.
  6. Tuangkan popcorn ke dalam mangkuk, beri garam secukupnya, dan nikmati selagi hangat.
Baca lainnya  Ide Olahan Makanan Diet dengan Sayur: Cara Ala Model

Resep Popcorn Manis Caramel

  1. Pertama, siapkan dan panaskan panci atau wajan diatas kompor dengan api sedang.
  2. Kemudian tuangkan minyak dan biarkan sejenak sampai panas.
  3. Masukkan biji jagung dan segera tutup pancinya. Goyangkan pancinya secara berkala agar panasnya merata dan popcorn-nya tidak gosong.
  4. Setelah letupan popcorn-nya mulai berhenti, matikan apinya, lalu sisihkan popcorn yang sudah matang.

Membuat Caramel

  1. Dalam panci anti lengket masukkan mentega, gula pasir dan garam. Gunakan api sedang.
  2. Aduk hingga mentega leleh dan tercampur rata dengan gula.
  3. Diamkan hingga mendidih, tapi jangan diaduk.
  4. Masak sampai berwarna coklat keemasan atau maksimal 10 menit. Jangan lebih, karena caramel bisa gosong dan terasa pahit.
  5. Kalau sudah matang, angkat dan segera tuang merata ke popcorn yang berada dalam wadah besar.
  6. Aduk-aduk sampai merata. Proses pengadukan ini harus dilakukan dengan cepat, karena begitu dingin, maka caramel akan mengeras.
  7. Setelah rata, tuang ke permukaan yang telah dilapisi oleh kertas roti agar dingin dan mengering.
  8. Setelah dingin, popcorn yang saling menempel itu bisa kamu pisah-pisahkan dengan tangan. Dan popcorn caramel pun siap untuk dinikmati. Jangan lupa simpan di wadah kedap udara untuk bisa dinikmati setiap saat.

Selamat Menikmati, Happy cooking sahabat duma!

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!