4 Makanan Berbahan Utama Kopi: Unik & Lezat!

Kopi memang terkenal sebagai minuman yang hampir setiap hari sekian banyak makanan dan minuman yang ada, kopi nampaknya menjadi salah satu minuman yang tak pernah berhenti dikreasikan. Tak hanya diolah menjadi minuman. Ternyata juga ada lho makanan berbahan utama kopi. Penasaran dengan makanan yang berbahan utama kopi tersebut? Nih informasinya di bawah ini! 

Berbahan Utama Kopi

Ramen berbahan utama kopi via ottencoffee.co.id

Ramen berbahan utama kopi via ottencoffee.co.id

Perpaduan rasa pahit dan asam yang dihasilkan dari kopi tentu mampu meningkatkan citarasa makanan itu sendiri. Selain itu, aromanya yang sedap juga menjadi alasan, kenapa kopi dirasa tepat untuk diolah menjadi makanan.
Beberapa makanan berbahan dasar kopi rupanya sempat populer dan banyak diburu pecinta kopi khususnya. Dibawah ini terdapat 4 makanan berbahan utama kopi yang bisa menjadi referensimu.

1. Pasta dengan Bumbu Kopi

Pasta terkenal dengan tiga varian rasa, yaitu pasta aglio olio, pasta dengan saus bolognese, ataupun carbonara. Kali ini ternyata ada pasta dengan bumbu kopi yang terlihat sangat menggugah seleramu. Pasta ini umumnya dibuat dengan merebus pasta di air rebusan yang telah dicampur dengan kopi, sehingga rasa dan aroma kopi akan terserap ke permukaan pasta.

2. Ramen Kopi 

Selanjutnya ada ramen kopi. Ramen unik ini hanya bisa kamu temukan di Jepang, tepatnya di kedai kopi Aroma. Rumah kopi yang terletak di Tokyo ini menawarkan seporsi ramen yang disiram dengan kuah kaldu berbahan dasar kopi. Nah, hal yang membuat hidangan ini semakin menarik, sajian ramen kopi dilengkapi dengan topping yang tak biasa, yaitu potongan telur, pisang, irisan daging, buah kiwi, es krim dan masih banyak lainnya. Meskipun terdengar aneh, dijamin makanan ini menggugah selera.

3. Selai Kopi 

Selai cokelat, kacang dan buah-buahan mungkin menjadi deretan produk selai yang paling populer. Namun kini telah hadir selai kopi yang siap menyaingi ketiga produk selai tersebut.
Dilansir Spoon University, Italia disebut sebagai negara pertama yang mempopulerkan selai kopi ini. Kira-kira Indonesia kapan ya? 

4. Kripik Kentang Cappuccino

Salah satu produk kripik kentang terkemuka, Lays, ternyata juga pernah meluncurkan sebuah produk kripik kentang yang dibumbui dengan bumbu kopi cappuccino yang sedap. Bersifat terbatas, kripik kentang cappuccino Lays diperkirakan berhenti produksi di tahun 2014 lalu. Meskipun begitu, kamu bisa mencobanya sendiri di rumah dengan bumbu kopi lho! 
Baca lainnya  Yuk Berburu Takjil ini Sebelum Berbuka, Khusus Daerah Jakarta Aja Ya!
{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!