Siapa Sangka Biji Buah & Bagian Lain dalam Buah Memiliki Banyak Manfaat Lho!

Biji buah & Bagian lain dalam buah ala DuniaMasak via kumparan.com

Buah-buahan sudah pasti mengandung manfaat yang beragam. Selain mengandung vitamin, buah juga memiliki berbagai kandungan gizi yang baik dan diperlukan oleh tubuh. Namun ketika kita memakan buah-buahan segar tersebut, seringkali kita hanya mengkonsumsi daging buahnya saja, dan membuang biji buah. Padahal biji buah memiliki manfaat dan bahkan bisa diolah kembali lho!

Bukan hanya untuk dikonsumsi, ternyata biji buah juga dapat dimanfaatkan untuk kecantikan dan kesehatan kulit lho! Simak penjelasannya di bawah ini!

Memanfaatkan Biji Buah & Bagian Lain dalam Buah

Biji Buah Semangka via www.khasiat.co.id

Biji Buah Semangka via www.khasiat.co.id

Semangka

Jika kita mengonsumsi buah semangka, umumnya kita hanya mengkonsumsi daging merahnya saja dan membuang bagian putih yang menempel pada kulitnya. Padahal bagian putih pada semangka yang ada diantara daging buah serta kulit luar tak hanya bisa dimakan, tetapi juga merupakan sumber nutrisi potensial.

Oiya, dapat bermafaat pula dalam memerangi kelelahan, merangsang sistem kekebalan tubuh, membantu melawan kanker, membantu pertumbuhan otot, dan penyembuhan luka. Selain membuang putih semangka, umumnya juga kita tak mengkonsumsi biji semangka, padahal biji semangka juga mampu memberi banyak manfaat tak kalah dari dagingnya. Diantaranya sebagai sumber asam amino, persediaan magnesium, melawan diabetes, dan mempertajam memori.

Baca lainnya  Hits Banget: Es Kepal Milo, Peluang Bisnis Kekinian

Biji Nangka

Biasanya bagian biji nangka dibuang begitu saja, padahal biji buah nangka tersebut banyak memiliki manfaat bagi tubuh. Di daerah Jawa Tengah ada beberapa yang mengkonsumsi biji nangka dengan cara direbus. Biji nangka dipercaya memiliki serat tinggi sehingga mampu membantu masalah sembelit, kemudian kandungan protein dan mikronutrien lainnya menjadikan biji nangka obat sempurna untuk menyembuhkan penyakit kulit dan meringankan stres. Selain itu, zat besi pada biji nangka dipercaya dapat mencegah anemia, serta mencegah penuaan dini.

Biji Salak

Salak merupakan salah satu jenis tanaman yang mudah ditemukan di daerah beriklim tropis termasuk di Indonesia. Biasanya setelah mengkonsumsi buahnya kita langsung membuang bijinya. Pada kenyataannya, biji salak ini dapat dimanfaatkan sebagai kopi biji salak yang kaya akan manfaat. Manfaatnya adalah dapat memperlancar peredaran darah dalam tubuh sehingga cukup baik untuk mencegah hipertensi, mengatasi asam urat, rematik, nyeri otot, dan mengurangi rasa nyeri pada persendian, serta melancarkan sistem percernaan.

Baca lainnya  Konsumsi Makanan Rendah Kalori dan Lemak Berikut Ini!

Bagian Tengah Nanas

Nanas sudah dikenal dengan banyak manfaatnya seperti anti radang, dan baik untuk sistem pencernaan. Namun kita tidak tahu bahwa bagian tengahnya yang biasa kita buang juga menyimpan manfaat yang jarang diketahui. Bagian tengah nanas yang agak keras tersebut dipercaya mengandung zat bromolin yang lebih banyak dari bagian dagingnya. Nah, zat ini dapat membantu semua penyerapan vitamin dan mineral dalam tubuh, dan mengandung banyak serat untuk mencegah kanker usus.

Biji Labu Kuning

Banyak yang sudah mengetahui bahwa biji labu kuning dapat dikonsumsi seperti kwaci. Namun, selain dapat dikonsumsi ternyata biji labu ini juga dapat dimanfaatkan untuk kecantikan lho! Biji labu ini kaya akan mineral seperti seng, magnesium, tembaga, dan pospor yang baik untuk rambut dan kesehatan kulit. Selain itu, biji labu juga kaya antioksidan, vitamin E, dan vitamin A.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!