Buah Ciplukan yang Kaya akan Manfaat, Harganya Mahal!

Buah ciplukan yang sering tumbuh liar di sekitar halaman rumah atau kebun ini ternyata memiliki kandungan yang baik untuk untuk kesehatan. Berkat kandungan yang dimilikinya buah ciplukan kini banyak dicari orang dan harganya pun semakin mahal. Berikut ini adalah informasi mengenai buah ciplukan yang kaya akan manfaat.

Mengenal Lebih Dekat Buah Ciplukan

Buah Ciplukan yang Kaya akan Manfaat, Harganya Mahal! via freepik ala tim duniamasak
Buah ciplukan via freepik

Nama latin buah ciplukan adalah Physialis Peruviana, yang masih memiliki kesamaan jenis dengan morrel berry, golden berry, dan goose cape berry. Rasa dari buah ciplukan pun bisa dibilang manis dengan tekstur dalam buah yang sedikit empuk. Umumnya buah ciplukan berdiameter 1,25 cm hingga 2 cm. Tampilannya pun terlihat seperti bunga bilamana dibuka terdapat buah berbentuk bulat dan berwarna kuning keemasan jika sudah masak. Tidak bisa dipungkiri buah ciplukan yang kaya akan manfaat kini dibanderol dengan harga maha. Apa saja sih manfaatnya, yuk disimak!

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Tumbuhan yang biasanya tumbuh secara liar ini ternyata mengandung polifeno. Polifeno adalah senyawa antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan saat radang menyerang. Selain polifeno, buah ciplukan juga memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Seperti yang kita ketahui bahwa vitamin C sangat baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

Baca lainnya  Tips Makan Untuk Orang Sibuk

Baik untuk meningkatkan fungsi penglihatan

Buah yang sempat menjadi mainan anak-anak saat dulu ini juga memiliki manfaat dalam meningkatkan fungsi penglihatan mata. Kandungan zat lutein, karotenoid, dan beta karoten dapat membantu menghalangi kita dari degenerasi makula yang merupakan penyebab paling utama kebutaan pada orang yang berusia lanjut. Beberapa kandungan zat tersbut juga dapat membantu mencegah resiko penyakit mata yang disebabkan oleh diabetes.

Menjaga kesehatan tulang

Selain kandungan vitamin C yang dapat menjaga sistem kekebalan  tubuh, buah ciplukan juga mengandung vitamin K. Vitamin K sangat baik untuk kesehatan tulang dan juga juga dapat membantu dalam menjaga tekanan darah agar tetap stabil.

Penawar Racun

Buah ciplukan juga dijadikan sebagai penawar racun yang melarutkan racun dan dikeluarkan bersamaan dengan air seni. Sering mengkonsumsi buah ciplukan secara teratur dapat menjaga kesehatan tubuh, diantaranya hati dan ginjal.

Melawan kanker payudara dan kanker usus besar

Kandungan antioksidan yang tinggi pada buah ciplukan dapat bermanfaat untuk menyumbat  sel kanker payudara dan kanker usus besar yang sedang berkembang. Selain itu buah ini juga dapat memperbaiki sel-sel dalam tubuh yang rusak. Jika ingin mengkonsumsi buah ciplukan untuk melwan sel kanker, maka pilihlah buah ciplukan yang benar-benar matang karena mengandung antioksidan yang tinggi.

Baca lainnya  5 Tips Persiapan Lebaran Oleh Tim Duniamasak

Gimana sahabat Duma? Jadi tahu kan kenapa ciplukan harganya cukup mahal? Ternyata harga yang ditawarkan sebanding dengan manfaat yang kita dapatkan ya. Yuk mulai sekarang tanam buah ciplukan dipekarangan rumah, agar mudah jika ingin mengkonsumsinya setiap hari.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan