Cabe Terpedas Di Dunia, Berani Coba?

Sebagai masyarakat Indonesia kebanyakan dari kita mengenal cabe rawit sebagai cabe paling pedas. Meskipun pedas, cabe rawit ini sangat digemari oleh masyarakat Indonesia lho. Ternyata cabe rawit yang kita anggap sebagai cabe terpedas, tidak masuk dalam urutan cabe terpedas di dunia. Nah, bagi kamu pecinta pedas, kamu perlu tahu beberapa fakta cabe di seluruh dunia nih. Apa aja sih cabe terpedas yang tersebar di seluruh dunia? Nih, cek selengkapnya penjelasan tim DuniaMasak di bawah ya!

Rasa pedas dari  cabe ditimbulkan oleh zat kapsaisin yang terkandung dalam cabe tersebut, dimana setiap jenis cabe di dunia ini memiliki tingkatan kadar kapsaisin berbeda-beda yang diukur berdasarkan SHU (Scoville Heat Unit).

Jadi Beranikah Kamu Makan Cabe Terpedas?

Bhut Jolokia (Ghost Pepper)

Bhut Jolokia via seriouseats.com

Bhut Jolokia via seriouseats.com

Ghost Papper ini memiliki 855.000 – 1.041.427 SHU. Dulu banyak orang beranggapan bahwa Cabe Bhut Jolokia atau Ghost Pepper adalah cabe terpedas di dunia, ternyata tidak lho. Masih banyak jenis cabe lain yang lebih pedas.

Walaupun begitu, cabe ini adalah jenis cabe pertama yang mempunyai kadar kapsaisin di atas 1 juta SHU. Walaupun bukan cabe terpedas di dunia, tapi jangan main-main dengan jenis cabe ini, dengan kadar kepedasan lebih dari 1 juta SHU, pasti membuat lidahmu panas.

Baca lainnya  Makanan Khas Imlek Yu Sheng, Berikut Makna Dibaliknya

Naga Viper

Naga Viper via thelatinkitchen.com

Naga Viper via thelatinkitchen.com

Nah, jenis cabe yang terkenal tingkat kepedasannya yang tinggi salah satunya adalah jenis cabe dengan kawinsilang. Cabe Naga Viper, jenis cabe ini merupakan hasil kawin silang antara cabe Naga Morich, Bhut Jolokia, dan Trinidad Scorpion hingga menghasilkan kadar kapsaisin sekitar 1.382.118 SHU. Pedas banget nih.

Trinidad Scorpion “Butch T”

Jenis Cabe ini pernah memegang rekor “Guiness World Record” sebagai Cabe terpedas di dunia pada tahun 2011 lho. Sesuai dengan namanya, bentuk Cabe ini memang mirip ekor kalajengking dan dikembangkan oleh Butch Taylor yaitu pemilik perkebunan Zydeco di Woodville, Mississippi. Cabe ini memiliki kandungan  500,000 – 1,463,700 SHU.

7 Pot Primo

7 Pot Primo via pepperdatabase.org

7 Pot Primo via pepperdatabase.org

Jenis cabe  “7 Pot” ini memang jenis cabe terpedas di dunia, beberapa variannya masuk list cabe terpedas di dunia, salah satunya yaitu 7 Pot Primo dengan kadar kapsaisin sekitar 1.469.000 SHU. Jenis cabe ini dibuat oleh seorang ahli perkebunan bernama Troy Primeaux yang tergolong sulit didapatkan dibanding jenis Ccabe terpedas lainnya. Karena masih sangat jarang yang mengembangbiakannya.

Baca lainnya  Cara Menikmati Makanan Mentah, Yuk Konsumsi Rutin!

Trinidad Moruga Scorpion

Hasil penelitian Universitas New Mexico State pada tahun 2011 menyebutkan bahwa jenis Cabe Trinidad Moruga Scorpion adalah cabe terpedas di dunia dengan kadar kapsaisin 1.200.000, bahkan ada yang bisa mencapai 2.200.000 SHU lho.

Carolina Reaper 

Nah, jenis cabe terakhir yang tim duma jelaskan ini juga sangat pedas dengan kadar kapsaisin bisa mencapai 2.200.000 SHU. Jenis Cabe disebut-sebut pemegang rekor sebagai cabe terpedas di dunia. Cabe ini dikembangbiakan oleh Ed Currie yaitu pemilik PuckerButt Pepper Company. Ternyata, jenis cabe ini merupakan hasil dari persilangan antara Red Habanero dengan Bhut Jolokia (Ghost Pepper).

Nah, itulah beberapa cabe terpedas di dunia. Kalau kamu tidak kuat dengan yang pedas-pedas, jangan coba-coba dengan jenis cabe di atas ya! Sebab tingkat kepedasannya bisa membuat lidahmu panas seperti disengat. Sekian penjelasan dari tim duma, semoga bermanfaat ya!

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!