Fakta Pizza yang Melegenda, Pizza Lover Wajib Tahu!

fakta pizza via freepik ala tim duniamasak.com

Roti lebar dengan taburan bermacam-macam topping di atasnya sangat sering kita temukan. Ya, pizza adalah makanan yang nyaris ada diseluruh negara. Kepopulerannya saat ini tentu membuat beberapa Pizza Lover penasaran dengan fakta pizza yang melegenda. Untuk itu, tim Duniamasak pun akan memberikan informasi seputar pizza yang melegenda tersebut.

Fakta Pizza dengan Perjalanan Panjangnya

fakta pizza via freepik ala tim duniamasak.com
Pizza via freepik

Rasanya yang lezat dan gurih dapat dengan mudah diterima oleh lidah semua orang. Namun, siapa yang menyangka bahwa pizza telah ada ribuan tahun lalu dan telah melalui perjalanan yang panjang. Berikut ini adalah fakta pizza yang sahabat duma wajib ketahui.

Pizza Terkenal di Italia

Pizza sangat terkenal di Italia, tepatnya di Italia Selatan. Sejarah pizza pun masih jadi perdebatan, namun beberapa penelurusan yang ditemukan bahwa pizza berasal dari tiga negara, yaitu Mesir, Yunani dan Italia. Pizza sangat terkenal di Italia, saking terkenalnya pizza menjadi makanan sehari-hari di Italia.

Baca lainnya  Tips Memilih Cooker Hood Berkualitas Yang Wajib Kamu Ketahui

Sudah ada Ribuan Tahun Lalu

Pizza sudah ada sejak ribuan tahun lalu, tepatnya tahun 997 Masehi. Nama Pizza sendiri berasal dari bahasa Italia โ€œPizzicareโ€ yang artinya memetik. Istilah itu sangat masuk akal dikarenakan pizza yang dibuat pada kala itu dipanggang dengan batu-batu dan harus dipetik dengan cepat dari panggangan.

Diciptakan Kaum Menengah Bawah

Di Italia sendiri, pizza diciptakan tepatnya di Napoli. Jika saat ini pizza identik dengan makanan yang disajikan secara mewah, lain halnya pada saat itu. Dulu pizza dijajakan oleh pedagang kaki lima dan sering disebut sebagai makanan kamu menengah ke bawah.

Terkenal Berkat Ratu Margherita

Pizza semakin terkenal berkat Ratu Margherita pada tahun 1889. Saat itu ratu mencicipi makanan yang berbentuk bundar tersebut dan langsung menyukainya. Dikarenakan beliau seorang ratu, maka tidak boleh sembarangan menikmati makanan yang kala itu dijual oleh rakyat biasanya. Oleh sebabnya, sang ratu pun memanggil seorang chef Rafaelle Esposito dan memintanya untuk membuat pizza. Dengan keahlian sang koki, pizza pun disulap menjadi lebih menarik dan rasanya lezat berkat tambahan topping saus tomat dan mozarella. Hingga akhirnya sang ratu menyukai olahan pizza tersebut dan pizza pun semakin dikenal di negara itu.

Baca lainnya  Kikugawa: Salah Satu Restoran Jepang Tertua di Jakarta

New York, Kota Pertama Pizza di Amerika

Amerika adalah negara yang sangat menyukai pizza. Perlu sahabat Duma ketahui toko pizza yang pertama kali menjual pizza berada didaerah Manhattan, New York pada tahun 1905. Toko tersebut dibuka di New York bukan tanpa alasan, pasalnya disana banyak imigran dari Italia yang tinggal. Lambat laun toko pizza itu semakin terkenal dan disukai oleh masyarakat Amerika.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!