Kenali Wajan dan Penggorengan Serta Kegunaannya Berikut Ini

Wajan penggorengan adalah peralatan masak yang wajib kamu miliki. Alat masak yang satu ini memang sering kali digunakan setiap harinya. Oleh karena itu, kamu pun harus mengenali ciri-ciri wajan penggorengan serta masing-masing kegunaannya. Karena masing-masingnya memiliki kegunaan yang berbeda-beda ya sahabat duma!

Jenis-jenis Wajan Penggorengan

Wajan Anti Lengket

Jenis wajan anti lengket merupakan jenis yang paling ideal digunakan oleh banyak orang karena cepat dan mudah dibersihkan. Dengan permukaan yang anti lengket, makanan dan kotoran mudah terangkat saat dicuci. Manfaat yang didapat saat menggunakan wajan ini yaitu kamu hanya memerlukan sedikit minyak. Ini berarti kamu hanya mengkomsumsi sedikit lemak dan tentu lebih akan jadi lebih sehat.

Kelemahan dari wajan ini yaitu mudah tergores. Oleh karena itu, hindari penggunaan sendok logam saat menggunakan wajan ini. cukup gunakan spons lembut saat mencucinya, jangan masukkan ke dalam mesin cuci piring otomatis karena kemampuan anti lengketnya akan hilang.

Wajan anti lengket terbuat dari lapisan teflon kimia atau PFOA (perfluorooctanoic acid). Namun, wajan anti lengket tidak menimbulkan risiko kesehatan saat memasak. Badan Perlindungan Lingkungan juga menegaskan tidak perlu khawatir menggunakan wajan anti lengket.

Wajan Penggorengan bolde via duniamasak

Wajan Penggorengan bolde via duniamasak

Wajan Tanpa Lapisan

Daya tahan wajan jenis ini lebih lama. Selain itu, wajan tanpa lapisan sangat baik untuk mencoklatkan makanan dengan baik. Nah kekurangannya, wajan jenis ini sulit dibersihkan karena tidak memiliki lapisan anti lengket. Ada banyak pilihan varian bahan yang berbeda untuk wajan tanpa lapisan seperti, tembaga, kaca tahan panas, dan porselen.

Baca lainnya  Hindari Makanan Berikut Ini Bagi Kamu yang Sedang Hamil

Wajan Besi

Wajan besi mungkin tidak praktis untuk penggunaan sehari-hari, tetapi wajan jenis ini cukup besar sehingga sangat cocok digunakan memasak makanan dalam jumlah besar. Dengan wajan ini, makanan akan tetap hangat dalam jangka waktu yang lama setelah dimasak lho.

Walaupun agak sulit membersihkan jenis wajan ini, namun kelebihannya dapat menghantarkan panas secara merata ke semua sisi wajan.  Selain itu, manfaat besar yang bisa kamu dapat adalah pencernaan kimia zat besi dalam dietmu.

Manfaat investasi didapatkan dengan membeli wajan jenis ini karena daya tahannya hingga beberepa generasi bahkan sampai 70 tahun jika kamu rawat dengan baik.

Baca lainnya  Demi Kesehatan Tulang Berikut Makanan yang Wajib Kamu Konsumsi

Baca artikel menarik lainnya:

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan