Ketahui Manfaat Daun Sirih Agar Tubuh Tetap Sehat

Manfaat Daun Sirih via freepik ala tim duniamasak.com

Siapa yang tidak kenal dengan daun sirih? Daun yang sering digunakan orang tua zaman dulu untuk menginang atau menyirih. Nama ilmiah dari tumbuhan ini adalah piper betle. Tanaman ini tumbuh merambat ataupun bersandar dengan batang pohonan lainnya. Bisa dibilang tanaman ini sangat mudah untuk dibudiyakan. Tidak heran bila tanaman ini sangat mudah ditemukan oleh masyarakat Indonesia. Manfaat daun sirih juga sudah tidak diragukan lagi, selain untuk penyegar mulut daun sirih juga memiliki banyak manfaat lainnya.

Manfaat Daun Sirih

Manfaat Daun Sirih via freepik ala tim duniamasak.com
Manfaat Daun Sirih via freepik ala tim duniamasak.com

Daun sirih yang berbentuk seperti hati ini termasuk dalam keluarga Piperaceae. Beberapa negara seperti Indonesia, Sri Lanka, dan India banyak yang membudidayakan tanaman ini. Umumnya sirih terkenal sebagai penyegar mulut dan juga pembersih daerah kewanitaan. Berikut ini adalah manfaat daun sirih lainnya:

Baca lainnya  Sudah Siapkah Berlibur di Akhir Tahun? Berikut Tips Jitu untuk Liburanmu

Mengatasi sakit tenggorokan

Kandungan antioksidan yang dimiliki daun sirih mampu mengatasi sakit tenggorokan. Hal itu dikarenakan sifat antiiflamasi dan antibakteri yang ada pada daun sirih.

Meredakan asma

Antiinflamasi yang ada dalam daun sirih dapat mencegah dan meredakan asma. Akttivitas dalam anthigistamin yang terkandung dalam daun sirih juga dapat meredakan kasus asma bronkial.

Mengatasi mimisan

Hidung yang berdarah atau mimisan juga dapat diatasi dengan daun sirih. Mimisan dapat dihentikan dengan cara memasukkan gulungan daun sirih kedalam hidung. Diamkan sekitar 30 menit hingga aliran darah mimisan dalam hidung berhenti.

Meredakan otot yang tegang

Bila sahabat Duma mengalami nyeri pada tulang atau sedang menderita sakit punggung. Sahabat Duma dapat menggunakan minyak daun sirih yang dicampur dengan minyak kelapa kemudian pijat perlahan pada bagian otot yang terasa tegang.

Baca lainnya  Perpaduan Sempurna, Yuk Coba Resep Minuman Kopi Cokelat Ini!

Mengatasi gangguan pencernaan

Saat perut terasa tidak nyaman, daun sirih dapat digunakan untuk mengatasi gangguan pencernaan. Rebuslah daun sirih pada panci dan minumlah air rebusan daun sirih tersebut. Mengkonsumsi air rebusan daun sirih dapat menyerap berabagi nutrisi dari makanan yang masuk.

Menghambat karies gigi

Tradisi menginang atau menyirih orang tua zaman dahulu ternyata dapat memberikan manfaat pada gigi. Daun sirih yang digunakan untuk menginang dapat menghambat bakteri yang menyebabkan karies pada gigi.

Meredakan batuk

Manfaat daun sirih yang terakhir adalah daun sirih dapat meredakan batuk. Air pada rebusan daun sirih dapat mengatasi peradangan yang menimbulkan batuk.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!