Imlek Datang, Yuk Siapkan Makanan Khas Imlek ini!

Hallo sahabat duma, sebentar lagi imlek akan tiba. Biasanya banyak persipan untuk menyambut tahun baru imlek ini. Tak ketinggalan makanan khas imlek berikut ini. Yuk intip apa aja sih makanan khas imlek tersebut?

Makanan Khas Imlek

Lumpia makanan khas imlek  via pixabay.com
Lumpia via pixabay.com

Lumpia

Lumpia Semarang merupakan makanan khas imlek pertama. Jajanan berisi rebung, telur, sayuran, daging, maupun makanan laut ini disebut-sebut harus ada pada saat Imlek. Lumpia yang disajikan basah maupun goreng itu dikatakan sudah terkenal sejak Dinasti Jin pada tahun 265. Kamu sudah menyiapkan makanan ini belum

Jiaozi Alias Pangsit

Pangsit rebus atau yang disebut juga Jiaozi ini juga wajib dihidangkan saat Imlek lho! Memiliki arti menukar yang lama dengan yang baru. Maksudnya adalah dengan makan pangsit, itu seperti membuang yang lama dan menyambut yang baru. Isi dari pangsit itu sendiri bermacam-macam, seperti daging sapi, kambing, ayam, jamur, dan sayur.

Oiya, bentuk dari pangsit ini mirip banget dengan uang Tiongkok. Pangsit juga mendekatkan keluarga, karena tradisinya adalah khusus di hari imlek akan membuat pangsit bersama-sama.

Baca lainnya  Ide Olahan Selada, Selain Untuk Lalapan!

Mie

Mie memiliki berbagai makna dan melambangkan banyak hal. Konon, orang Tiongkok harus makan mie. Mie juga disebut longevity noodle. Maka dari itu, ketika memakan mie, disarankan tidak memotong mie-nya, karena semakin panjang yang dimakan, semakin panjang umurnya. Mie wajib diberi topping seperti lobster, bebek, babi, udang, dan telur.

Semua daging-daging tersebut, dipercaya melambangkan kesuksesan, rezeki, kekayaan keluarga melimpah, kesehatan, dan lain-lain.

Ikan Kukus

Ikan pun begitu esensial saat Imlek, karena melambangkan surplus dan rezeki yang tidak habis-habis. Beberapa daerah Tiongkok saat Imlek itu harus ada kakap merah. Merah itu lambang makmur, ditambah ikan yang melambangkan rezeki itu jadi makin berlimpah.

Beberapa tradisi menyarankan memakan ikan setengah saja di malam sebelum Imlek, sedangkan keesokan harinya baru makan sisanya agar rezeki tidak habis.

Ada pula yang menyebut kepala dan ekor tidak boleh dimakan, karena kalau kita kerja pasti ada awal dan akhir. Jadi, kita harus menyelesaikan pekerjaan dengan baik dulu.

Baca lainnya  Perbedaan Cincau Hijau dan Cincau Hitam

Begitulah beberapa makanan khas imlek yang biasanya selalu disiapkan. Selain ke empat makanan di atas, masih banyak deretan makanan khas imlek lainnya yang wajib disiapkan. Kira-kira kamu sudah menyiapkan yang mana?

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan