Selain Wortel, Berikut 5 Makanan Sehat yang Baik untuk Mata

Makanan Sehat yang Baik untuk Mata bersama DuniaMasak via besthealthmag.ca

Hai sahabat duma ! Makanan sehat dan baik untuk mata yang umum di masyarakat adalah wortel. Namun, tahukah kamu ternyata banyak makanan lainnya yang baik untuk kesehatan mata lho! Kamu perlu tahu nih, yuk konsumsi rutin makanan sehat untuk mata berikut ini:

Makanan Sehat untuk Mata yang Seharusnya Kamu Konsumsi

Makanan sehat via www.vemale.com

Makanan sehat via www.vemale.com

1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau mengandung lutein dan zeaxanthin. Nah, keduanya ini merupakan antioksidan, dan menurut penelitian, zat tersebut dapat menurunkan risiko pembentukan degenerasi makula dan katarak. Lutein dapat mengurangi kerusakan oksidatif induksi-cahaya yang menyebabkan degenerasi makula. Selain itu juga mampu mengurangi risiko retinitis pigmentosa. Lutein dan zeaxanthin dapat diresap oleh lensa dan retina, mereka pun akan menyerap kerusakan yang berasal dari cahaya yang tertangkap. Oleh sebab itu, kita sangat dianjurkan untuk mengonsumsi sayuran hijau secara rutin.

Baca lainnya  Efek Samping Kopi bagi Wanita Berikut ini Mencengangkan!

2. Telur

Kuning telur kaya akan lutein dan zeaxanthin, dengan tambahan zinc. Lutein dan zeaxanthin merupakan tipe karotenoid. Menurut penelitian salah seorang ahli: Paul Dougherty, MD, direktur medis dari Dougherty Laser Vision di Los Angeles: hal tersebut baik untuk mengurangi risiko degenerasi makula.

Degenerasi makula merupakan penyebab gangguan penglihatan paling umum di negara-negara maju. Di asia sendiri, sekitar 6 dari 100 orang ditemukan menderita degenerasi makula.

3. Citrus dan Berry

Jeruk, lemon, jeruk nipis, dan jeruk bali termasuk ke dalam kelompok citrus, dan buah ini kaya akan vitamin C. Kamu juga bisa menemukan vitamin C pada strawberry. Vitamin ini adalah antioksidan kuat, yang membentuk dan mengelola jaringan ikat, salah satunya kolagen yang terdapat di kornea mata. Fungsinya pun sama untuk mengurangi risiko katarak dan degenerasi makula.

Baca lainnya  Tips Membuat Jus untuk Bayi 7 Bulan dengan Rasa Nikmat & Lezat

4. Almond

Kandungan vitamin E ditemukan pada almond. Penelitian menunjukkan bahwa vitamin E mampu melindungi sel mata dari kerusakan. Radikal bebas dapat menyebabkan gangguan pada jaringan mata yang sehat. Ketika hal ini terjadi, risiko degenerasi makula pun meningkat. Selain itu, vitamin ini dapat memperlambat pembentukan katarak. Adanya hasil yang jelas dari penurunan risiko katarak pada partisipan yang memakan asupan vitamin E tinggi.

5. Ikan Berlemak

Tuna, salmon, ikan makarel, dan ikan asin mengandung asam lemak yang tinggi. Asam lemak dapat ditemukan pada retina. Kekurangan level asam lemak  dapat memicu sindrom mata kering. Untuk itu, sangat dianjurkan untuk rutin mengonsumsi ikan berlemak.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!