Makanan yang Baik untuk Mencerahkan Kulit

Mencerahkan kulit via freepik ala tim duniamasak.com

Mempunyai kulit yang cantik dan merona tentunya menjadi impian bagi semua wanita. Tidak heran jika sebagian besar kaum hawa rela menggelontorkan budget yang tidak sedikit guna mewujudkan impianya tersebut. Bahkan, tidak jarang mereka berani melakukan perawatan beresiko seperti menggunakan suntik pemutih atau dengan bahan-bahan kimia berbahaya lainnya. Hal tersebut tentu tidak hanya akan merusak kulit, tetapi juga bisa menyebabkan penyakit berbahaya seperti kanker kulit. Sebenarnya, cara-cara tersebut bisa dihindari dan beralih ke cara yang lebih aman serta murah tentunya. Terdapat berbagai cara agar mendapatkan kulit yang cerah dan sehat seperti dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan baik untuk mencerahkan kulit.

Macam-macam Makanan yang Baik untuk Kecerahan Kulit

Mencerahkan kulit buah pepaya  via freepik ala tim duniamasak.com
Buah pepaya via freepik ala tim duniamasak.com

Ternyata, banyak sekali makanan yang dapat mencerahkan kulit secara alami. Pada dasarnya, kulit manusia membutuhkan asupan vitamin serta mineral yang cukup. Hal tersebut dapat diperoleh dari sayur dan buah yang segar. Untuk lebih jelasnya, berikut merupakan makanan yang dapat mencerahkan dan menyehatkan kulit.

1. Brokoli

Makanan pertama yang bagus untuk mencerahkan kulit yakni berasal dari sayuran brokoli. Sayur ini memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Dalam 100g brokoli, setidaknya terdapat 89,2g vitamin c. Dengan ini, brokoli Β mampu melindungi kulit Anda dari radikal bebas yang bisa saja merusak sel-sel kulit yang berakibat pada keriputan. Untuk mengonsumsinya bisa dengan membuat salad atau sayur brokoli segar serta menghindari penggunaan garam berlebih saat memasaknya. Pasalnya garam dapat mengurangi nutrisi di dalam brokoli.

Baca lainnya  'Street Food' Seluruh Dunia, Indonesia Termasuk Salah Satunya Lho!

2. Tomat

Tomat terbukti dapat membuat kulit menjadi lebih cerah. Kandungan lycopen di dalam tomat mampu melancarkan sirkulasi darah pada kulit serta dapat melindungi kulit dari sinar UV. Dengan demikian, kulit akan terlihat lebih cerah. Selain itu, kandungan lycopen juga mampu menambah antioksidan dalam kulit sehingga mampu menangkal radikal bebas. Sebagai catatan, alangkah baiknya jika Anda mengonsumsi tomat dalam keadaan matang atau dimasak karena antioksidan yang terkandung didalamnya baru bisa aktif setelah dimasak.

3. Jeruk

Jeruk merupakan buah yang digemari banyak orang. Selain enak, kandungan nutrisi dan vitamin C pada jeruk juga baik untuk mencerahkan kulit. Jeruk mampu menghidrasi kulit, meningkatkan elastisitas kulit serta mampu mencerahkan bekas luka. Anda bisa mengonsumsi jeruk secara  langsung atau membuatnya menjadi jus untuk memperoleh khasiatnya. Perlu diketahui, mengkonsumsi sari jeruk secara alami jauh lebih baik daripada mengkonsumsi sari jeruk kemasan. Hal tersebut dikarenakan jeruk kemasan telah melewati beberapa proses pengolahan yang menyebabkan nutrisi dalam jeruk sudah berkurang.

Baca lainnya  17 Agustus Selalu Ada Lomba Makan Kerupuk, Apa Sih Filosofinya?

4. Buah berry

Berbagai buah berrry nyatanya memiliki khasiat yang bagus untuk kulit. Beragam buah berry sepertu blueberry, raspberry dan strawberry memang cukup bagus untuk dikonsumsi karena mampu mencegah kulit keriput serta melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Hal ini dikarenakan buah-buahan tersebut mengandung banyak vitamin c dan antioksidan. Selain itu, stawberry juga mengandung zat asam malat yang dipercaya dapat mencerahkan kulit secara alami. Kulit akan terasa lebih awet muda, kendang dan juga segar jika rutin mengkonsumsinya.

5. Pepaya

Siapa yang tak kenal dengan buah pepaya. Buah yang kaya serat ini memang cukup baik untuk mencerahkan kulit. Hal ini dikarenakan pepaya memiliki kandungan alpha-hydroxy acids (AHA) dan papain yang mampu meningkatkan tekstur kulit, menjaga keseimbangan pH dan mengurangi pigmentasi. Selain dimakan secara langsung, kita juga dapat menggunakanya sebagai lotion pada kulit.

Hindarilah cara-cara tidak sehat seperti menyuntikan sel pemutih serta mengkonsumsi zat pemutih buatan agar terhindar dari berbagai macam penyakit dan efek samping yang ditimbulkan oleh obat-obatan tersebut. Lebih baik menggunakan cara alami agar lebih aman dan sehat.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!