Makanan yang Harus Dihindari Jika Ingin Kulit Sehat dan Cerah

Makanan yang harus dihindari via chasingbleu.net

Siapa sih yang nggak mau memiliki kulit sehat dan cerah? Kita seringkali terbiasa mengonsumsi makanan yang menjadi faktor utama rusaknya kulit kita. Nah, kamu harus memperhatikan penjelasan tim DuniaMasak berikut ini. Berikut makanan yang harus dihindari agar kulitmu sehat dan cerah ya sahabat duma!

Makanan yang Harus Dihindari Agar Kulitmu Sehat & Cerah

1. Gorengan

Kandungan trans-fat di dalam makanan yang digoreng bisa menyumbat peredaran darah. Makanan ini juga berpotensi menjadi sumber dari obesitas dan masalah jantung. Selain itu, biasanya makanan yang digoreng disertai dengan MSG yang membuatnya mengganggu kesehatanmu. Perlu diingat salah satu penyebab jerawat adalah konsumsi gorengan berlebihan yang membuat tubuh memproduksi hormon berlebih.

Gorengan Jagung via justataste.com

Gorengan Jagung via justataste.com

2. Makanan Olahan/Beku

Di zaman yang serba cepat, sepertinya kita sudah tidak bisa menunggu lama hanya untuk makanan. Maka hadirlah makanan olahan atau biasa yang kita kenal dengan frozen food. Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan makanan ini. Semua makanan ini mengandung lemak jahat dan karbohidrat yang menyebabkan peradangan dan merusak elastisitas kulit juga penyebab jerawat. Kandungan pengawet juga bisa menjadi penyebab kanker yang baru terasa dalam 10 tahun mendatang. Terkandung dalam makanan beku, mie instan, makanan siap saji, dan makanan kaleng. Makanan inilah yang menjadi salah satu faktor kamu tidak akan mendapatkan kulit sehat dan cerah.

Frozen Food via abcdfestival.org

Frozen Food via abcdfestival.org

3. Gula

Penelitian membuktikan, seringnya mengkonsumsi gula bisa merusak metabolisme dalam jangka panjang dan tentunya menjadi pencetus dari obesitas dan diabetes tipe 2. Normalnya untuk pria konsumsi gula perhari adalah 150 kalori/hari (37.5 gram atau 9 sendok teh). Untuk wanita adalah 100 kalori/hari (25 gram atau setara dengan 6 sendok teh). Makanan yang mengandung banyak gula seperti cake, permen, coklat, sirup, soda, dan semua minuman botol/kaleng.

Gula Berlebih via westcarywellness.com

Gula Berlebih via westcarywellness.com

4. Kafein

Nah, salah satu faktor penyebab kulitmu sulit sehat dan cerah adalah kafein. Kafein bersifat menyerap atau menghilangkan air dalam tubuh. Sedangkan kulit sangat tergantung dengan air di dalam tubuh untuk menjaga kelembaban dan elastisitas juga mengeluarkan racun di dalam tubuh.

Baca lainnya  Bunda Baru Melahirkan? Yuk, Intip Cara Memilih Kulkas untuk Menyimpan ASI!

Sahabat duma, jangan lupa untuk mengimbangi makanan sehat dengan istirahat yang cukup dan olahraga rutin minimal 2 kali dalam seminggu ya! Selain itu cuci muka setelah dan sebelum bangun tidur untuk mengangkat semua debu dan kotoran sehingga wajah tetap sehat dan cerah sepanjang hari.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!