Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat air kelapa via freepik ala duniamasak

Salah satu buah yang paling banyak dicari ketika sedang mengalami dehidrasi adalah buah kelapa. Banyak manfaat dan khasiat yang bisa didapat dari buah kelapa, mulai dari daging hingga airnya. Mulai dari manfaat untuk menyegarkan tubuh, menambah elektrolit dalam tubuh, hingga dapat membantu dalam menyembuhkan penyakit. Wah banyak juga khasiat yang didapat ya. Jadi, apa saja manfaat lain dari air kelapa bagi kesehatan tubuh manusia? Yuk, simak artikel berikut ini.

Manfaat Air Kelapa

Minuman alami yang kaya manfaat

Kandungan elektrolit dalam air kelapa dapat membantu menggantikan cairan dalam tubuh yang hilang saat berolahraga. Maka dari itu, air kelapa bisa dibilang merupakan minuman isotonik alami yang kaya manfaat seperti minuman olahraga yang dijual di pasaran. Namun perlu diketahui bahwa untuk mengembalikan hidrasi dalam tubuh agar tidak kehilangan banyak cairan, air kelapa harus diminum dalam jumlah banyak. Menurut ahli gizi olahraga, air kelapa tidak akan mengembalikan hidrasi tubuh kecuali diminum dalam jumlah banyak. Konsumsi air kelapa ini perlu dikomunikasikan dengan ahli gizi masing-masing orang agar disesuaikan dengan kebutuhan.

Baik dalam memperlancar sistem pencernaan

Menurut penelitian, air kelapa diyakini mampu menjadi obat untuk mengobati penyakit yang berhubungan dengan pencernaan. Kandungan enzim yang ada dalam air kelapa dapat membantu sistem pencernaan dan metabolisme dalam tubuh. Umumnya, air kelapa digunakan untuk menyembuhkan diare, gangguan pencernaan, konstipasi, cacingan, infeksi kandung kemih, serta gangguan ginjal. Air kelapa sangat bermanfaat ketika terkena diare karena dapat menggantikan cairan yang hilang dari saluran gastrointestinal. Hal ini karena di dalam air kelapa terkandung asam amino, enzim, mineral, dan asam lemak.

Baca lainnya  Tren Makanan dan Minuman Sehat di Tahun 2020

Baik dalam mengatur tekanan darah

Selain dapat memperlancar sistem pencernaan, penelitian mengatakan bahwa air kelapa dapat meningkatkan sirkulasi darah, menurunkan tekanan darah tinggi, serta mengurangi risiko serangan jantung bahkan stroke. Kandungan kalium yang tinggi dan natrium yang rendah dalam air kelapa dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Air kelapa juga dapat membantu meningkatkan HDL (kolesterol baik), mengurangi pembentukan plak gigi, mengatur penyerapan gula, dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Baik dalam menjaga kesehatan kulit

Kulit manusia juga termasuk dalam bagian tubuh manusia. Ya, manfaat air kelapa juga berguna bagi kulit terutama bagi kecantikan. Air kelapa dapat membuat kulit lebih halus dan terlihat lebih muda. Kandungan sitokinin (salah satu hormon pertumbuhan) dalam air kelapa berfungsi untuk mengatur pertumbuhan dan perkembangan sel kulit. Kandungan sitokinin pada air kelapa mempunyai efek anti-penuaan, anti-karsinogenik, dan anti-trombotik (anti pembekuan darah). Zat sitokinin dapat menyeimbangkan kadar pH dalam tubuh, memperkuat dan menghidrasi jaringan ikat serta tentunya dapat mengurangi risiko penyakit yang berhubungan dengan usia. Jadi jika ingin terlihat lebih awet muda, maka minum air kelapa mungkin bisa menjadi salah satu cara ampuh.

Baca lainnya  4 Tips Mengolah Pare Agar Tidak Pahit Saat Dikonsumsi

Banyak sekali manfaat yang didapat dari air kelapa kan? Tidak perlu ragu lagi dalam mengonsumsi minuman dari buah alami ini. Tentunya, sahabat Duma bisa sangat mudah mendapatkan buah ini dimanapun dan kapanpun, terutama di daerah pesisir. Air kelapa juga terdapat dalam kemasan praktis yang bisa dibeli di minimarket maupun supermarket. Namun, akan lebih baik lagi jika menyantap langsung dari buah kelapa asli agar lebih alami dan sehat. Membayangkannya saja sudah terdengar segar kan? Selamat mencoba dan semoga berhasil ya πŸ™‚

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!