Membuat Adonan Pizza Lezat, Andalan Menu Keluarga

Membuat Adonan Pizza via thechurchcook.blogspot.com

Pizza merupakan makanan yang hampir disukai semua kalangan. Baik anak-anak hingga orang dewasa. Kunci utama dari kelezatan pizza adalah membuat adonan pizza. Sebenarnya kita bisa membuatnya sendiri di rumah lho! Bagaimana sih membuat adonan pizza yang empuk dan lezat? Nah, bagi kamu yang kebingungan membuat adonan pizza dan takut gagal, tim DuniaMasak punya resepnya nih.

Resep Membuat Adonan Pizza Lezat

Membuat Adonan Pizza via pixabay.com

Membuat Adonan Pizza via pixabay.com

Bahan Membuat Adonan Pizza:

  • 165ml air hangat (sekitar 38°C)
  • 1 sdt gula
  • 1 sdt ragi
  • 1/2 sdm garam
  • 1 sdm minyak zaitun
  • 250g tepung terigu

Cara Membuat Adonan Pizza:

  1. Pertama-tama, tuangkan air hangat ke dalam sebuah panci. Kemudian tambahkan ragi dan gula. Aduk perlahan dan biarkan sekitar 5-10 menit sampai raginya aktif dan menjadi buih di permukaan air. Lalu tambahkan garam dan minyak.
  2. Tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil terus diaduk. Jika adonan sudah mulai mengental dan susah diaduk, jangan tambahkan tepung lagi ya! Catatan: biarkan adonan mengembang selama satu jam pada suhu ruangan atau 5 jam di dalam kulkas. Letakkan adonan di atas sebuah nampan atau mangkuk yang telah dilumuri tepung dan tak lupa tambahkan juga tepung dia atas adonan tersebut. 
  3. Langkah selanjutnya adalah uleni adonan. Uleni hingga adonan mengkilat dan lengket, tapi tidak sampai menempel; sedikit adonan bisa ditarik (dengan cara dicubit dan ditarik) cukup tipis hingga cahaya bisa melewatinya.
  4. Keluarkan adonan dari mangkuknya dan tempatkan di permukaan yang bersih dan dilumuri tepung. Kamu bisa menggunakan papan kayu atau meja yang bersih. Pastikan tinggi permukaan tersebut cukup membuatmu nyaman ketika menguleninya. Jika permukaan tersebut terlalu lengket, lumuri lagi dengan lebih banyak tepung.
  5. Kumpulkan seluruh adonan dan jadikan satu gumpalan, kemudian mulai tekan dengan kedua tangan. Tekankan pergelangan tangan bagian dalam pada adonan, dan dorong ke depan.
  6. Lempar ujung adonan yang terjauh ke atas dan tarik ke arahmu, kemudian tekankan ke bagian tengah adonan. Putar sedikit, lalu ulangi urutan tersebut tekan-lipat-putar ini selama proses menguleni berlangsung.
  7. Ratakan satu bola dengan tanganmu hingga tebalnya sekitar 2cm – 4cm ya!
  8. Selanjutnya kamu sudah bisa membentuk adonan dengan tambahan toping sesuai seleramu ya! Happy cooking sahabat duma! Selamat mencoba.
Baca lainnya  Tips Memilih Cooker Hood Berkualitas Yang Wajib Kamu Ketahui
{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!