Trik Membuat Sop Buntut Agar Empuk

Sop Buntut via www.unileverfoodsolutions.co.id

Sahabat duma, memasak sop buntut memang gampang-gampang susah nih. Kebanyakan orang memiliki kendala dalam memasak sop buntut. Agar kamu mendapatkan hasil olahan sop buntut yang empuk dan mudah dimakan, ada beberapa trik khususnya lho! Yap, karena sop buntut sapi merupakan bagian yang paling banyak disukai orang, jadi sayang banget kan jika kamu mengolahnya dengan cara yang salah.

Buntut sapi mengandung tulang, oleh karena itu kamu harus memasaknya hingga benar-benar empuk. Buntut sapi dikenal dengan teksturnya yang empuk dan sedikit kenyal​. Nah untuk hasil yang enak dan empuk, perhatikan beberapa hal berikut ini!

Trik Sop Buntut Agar Empuk dan Bumbu Meresap

Sop Buntut Istimewa via inforesepku

Sop Buntut Istimewa via info resepku

1. Pemilihan Buntut Sapi

​Sebagaimana yang kita tahu buntut sapi ada yang berasal dari sapi import ataupun lokal. Buntut sapi yang import mengandung banyak lemak. Sedangkan buntut sapi lokal lebih sedikit lemaknya dan dagingnya lebih tebal. ​Potong-potong buntut setebal 2 cm. Kamu sebaiknya membeli yang sudah dipotong dan sudah dibersihkan lemaknya. Jika lemak masih terlalu tebal, buang lemak yang ada di sekeilingnya dan cuci hingga bersih.

Baca lainnya  Yuk Ikuti Diet Sehat Ala Artis Hollywood Berikut ini

2. ​Rebus​

Didihkan air sebelum memasukkan buntut. Porsi untuk 1 kg buntut sapi, didihkan 2 liter air. Masukkan buntut sapi dan kecilkan api​, didihkan hingga ada buih kecokelatan di permukaannya. Angkat buih, lalu tambahkan dua lembar daun salam. Daun salam berguna agar bau amis dari sapi berkurang.  Didihkan hingga kaldu bening dan daging buntut lunak ya! Sebaiknya rebus dalam panci besar. Tunggu setidaknya 40 menit hingga buntut sapi benar-benar mendidih.

Panci bolde 24 cm sup buntut via duniamasak.com

Panci bolde 24 cm via duniamasak.com

3. Bumbu​ yang Sesuai

​Jika akan dibuat sop buntut, tumis 1/2 buah bawang bombay yang dicincang halus dan 3 siung bawang putih yang dicincang kasar. Masukkan ke dalam rebusan buntut. Tambahkan merica bubuk, pala bubuk, garam dan sedikit gula pasir. Masak beberapa saat hingga bumbu meresap dan buntut benar-benar empuk.

Baca lainnya  Gimana Sih Cara Merawat Kulkas 2 Pintu?

4. Teknik Memasak Sup Buntut

​Jika kamu ingin memasak sop buntut, tambahkan sayuran seperti wortel, kentang, tomat, daun bawang, dan daun seledri. Masak hingga semua sayuran lunak. Sajikan dengan taburan bawang merah goreng. Jika akan dibuat buntut bakar. Setelah buntut lunak, tiriskan dan olesi dengan bumbu dan sedikit kecap lalu bakar di atas bara api hingga agak kering. Kuah buntut bisa disajikan sebagai pelengkapnya.​

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!