Memilih Makanan Sehat di Hari Natal

Makanan Sehat di Hari Natal via pexels.com

Sebentar lagi, umat Kristiani akan menyambut sukacita hari Natal. Seluruh hidangan enak khas natal akan disajikan di setiap keluarga. Sudah dipastikan bahwa hari natal juga identik dengan makanan enak yang juga bisa mengundang penyakit jika kamu tidak memilih olahan makanan yang tepat. Untuk itu, apa aja sih makanan sehat di hari Natal?

Tips Memilih Makanan Sehat di Hari Natal

Makanan Hari Natal via tirto.id

Makanan Hari Natal via tirto.id

Bijak konsumsi bawang

Hampir semua makanan memiliki bahan dasar bawang merah dan bawang putih. Namun pada perayaan besar, mungkin sebaiknya kamu harus bijak mengonsumsinya. Pasalnya, bawang dapat memicu kembung dan buang angin terus menerus karena kandungan fructan.

Jaga Karbohidrat

Hati-hati juga dengan karbohidrat seperti pasta, nasi dan kentang yang disajikan dingin atau dipanaskan. Proses pendinginan dan pemanasan ini akan membentuk resisten pati yang melewati proses cerna dalam usus sehingga menghasilkan gas.

Baca lainnya  Resep Gulai Kambing Rempah

Hindari Terlalu Banyak Fruktosa

Meskipun fruktosa pada buah-buahan memiliki manfaat kesehatan, namun apel, pir, dan mangga khususnya mengandung fruktosa berlebih dibandingkan dengan glukosa dan dapat menyebabkan kembung dan masalah pencernaan lainnya. Untuk itu, ganti dengan menambahkan sedikit perasan jeruk pada makananmu agar membantu pemecahan protein.

Pastikan Mengunyah dengan Benar

Pastikan mengunyah 30 kali gigitan sebelum menelannya. Hal ini akan mengurangi risiko kembung akibat berbagai macam olahan makanan yang masuk ke dalam perut. Jangan berbicara dengan mulut penuh. Selain tidak beretika, bicara dengan mulut penuh akan memicu kembung.

Minum

Selain air putih, minum teh jahe atau peppermint dapat menjadi alternatif. Minuman yang satu ini selain segar juga sangat sehat karena mengandung nutrisi yang cukup lengkap. Cara membuatnya juga sangat mudah, yaitu dengan buah kiwi dan melon yang dipotong kecil-kecil dan dibekukan, yogurt rendah lemak, sedikit oatmeal, almond, dan madu sebagai pemanis. Blender semua bahan sampai lembut dan sajikan dengan potongan buah melon dan kiwi di atasnya. Rasanya sangat menyegarkan. Campuran rasa manis dan sedikit rasa asam akan menjadi teman yang sempurna untuk menikmati saat berkumpul kamu bersama keluarga di hari Natal.

Baca lainnya  Bagaimana Cara Memilih Dispenser yang Berkualitas?
{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!