Mengatur Pola Makan Tidaklah Sulit, Berikut Tipsnya!

mengatur pola makan sehat via freepik ala tim duniamasak

Kita masih sering menganggap remeh penyakit seperti mual, kembung dan sebagainya. Namun, jika dibiarkan penyakit-penyakit tersebut dapat menjadi berbahaya dan bisa berujung pada kematian. Banyak hal yang dapat kita lakukan untuk mencegah terjadinya penyakit tersebut. Salah satunya adalah dengan menjaga dan mengatur pola makan kita. Terdapat banyak penyakit yang timbul karena pola makan yang salah seperti halnya pencernaan yang terganggu, perubahan hormon yaitu hormon kortisol yang meningkat, peningkatan berat badan yang tidak seimbang atau sering disebut obesitas, peningkatan pada gula darah serta kram pada perut yang diakibatkan oleh refluks asam lambung, tungkak lambung, infeksi lambung dan lain sebagainya. Kali ini tim Duniamasak akan memberikan tips mengatur pola makan sehat untuk kalian, yuk disimak!

Pengertian dari Pola Makan Sehat dan Cara untuk Mengaturnya

mengatur pola makan sehat via freepik ala tim duniamasak
Makanan sehat via freepik

Pola makan yang sehat dan teratur adalah pengaturan makanan yang dikonsumsi dengan pertimbangan kandungan zat gizi yang terdapat dalam makanan tersebut. Ada tiga zat gizi utama yang diperlukan oleh tubuh kita yaitu protein, lemak dan karbohidrat. Selain tiga zat gizi utama tersebut, juga terdapat zat gizi lainnya yang tidak kalah penting yaitu vitamin dan mineral. Air dan serat juga sangat diperlukan untuk memperlancar proses metabolisme dalam tubuh kita. Oleh sebab itu, pola makan yang sehat mensyaratkan untuk mengkonsumsi aneka ragam makanan agar memperoleh semua zat gizi yang diperlukan oleh tubuh. Terdapat berbagai macam cara untuk mengatur pola makan yang tergolong mudah untuk dilakukan. Berikut adalah tips mengatur pola makan sehat:

Baca lainnya  Berbagai Macam Teknik & Cara Pengolahan Kue Ala Tim Duma

Tidak melewatkan sarapan

Sesibuk apapun kita pastikan agar memulai hari dengan sarapan. Karena sarapan terbukti dapat mengontrol berat badan kita agar tidak berlebihan. Ketika kita melewatkan sarapan maka perut kita akan terjaga dari rasa lapar hingga siang hari. Selain itu, sarapan juga dapat membuat kita lebih fokus dan bersemangat untuk menjalani aktivitas. Tentunya dengan menu sarapan yang sehat.

Jangan menghitung jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh

Menghitung kalori yang masuk ke dalam tubuh hanya akan membebani pikiran dan menimbulkan terjadinya stres ringan. Ketika stres, tubuh kita akan lebih banyak mengeluarkan tenaga dan tentunya akan membuat kita menjadi lebih cepat merasa lapar.

Makan dengan porsi lebih sedikit namun sering

Tingkatkan frekuensi makan dalam sehari namun kurangi porsi makan kita dari biasanya. Hal tersebut dikarenakan hormon stres di dalam tubuh kita akan meningkat ketika kita tidak makan selama lebih dari tiga jam.

Baca lainnya  Minum Kopi Tunjang Produktifitas Kerjamu Nih!

Mengkonsumsi makan yang berbeda setiap hari

Manusia memiliki kecenderungan sifat yang mudah bosan. Maka dari itu, ubahlah hidangan yang akan kita santap setiap harinya karena terdapat beragam makanan yang mengandung sumber protein, vitamin dan serat. Hal tersebut dapat menjauhkan kegagalan dan kebosanan dalam mengatur pola makan kita.

Tetap makan makanan favorit

Tidak perlu meninggalkan makanan kesukaan kita. Karena keseimbangan dalam tubuh akan tetap terjaga dan kita tidak akan merasa terbebani dengan tetap makan makanan kesukaan kita. Namun, dengan jumlah yang lebih sedikit dari biasanya.

Minum banyak air putih

Makan makanan yang sehat saja tanpa memperhatikan air putih yang masuk ke dalam tubuh tidaklah cukup. Dalam menjalankan sehari-hari aktivitas, tubuh kita mengeluarkan banyak cairan. Maka kita memerlukan asupan cairan yang cukup setidaknya dua liter atau kurang lebih delapan gelas setiap harinya.

Selama ada tekad dan kedisiplinan dari diri kita, tips mengatur pola makan sehat diatas tidaklah sulit untuk dilakukan. Dengan mengubah pola makan kita menjadi pola makan yang sehat, kita dapat terhindar dari berbagai macam penyakit dan tentunya hidup akan lebih bahagia.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!