Berikut Bagian Sapi yang Bisa Kamu Jadikan Olahan Makanan Lezat

Olahan makanan yang berasal dari bagian daging sapi memang banyak kita temui ya sahabat duma! Oleh sebab itu tentu kita mungkin sering makan daging sapi. Jika kamu ingin mengolahnya sendiri di rumah, kamu harus mengetahui jenis bagian sapi yang sesuai untuk olahan makanan yang akan kamu buat. Artikel ini tepat untuk kamu simak hingga selesai.

Olahan Makanan dari Bagian Sapi Berikut Ini

Iga bakar olahan makanan via pegipegi.com

Iga bakar via pegipegi.com

Sandung Lamur (Brisket)

Sandung lamur terdapat pada bagian dada, pangkal dan bagian ujung. Potongan sandung lamur ini agak berlemak, dan sangat cocok diolah menjadi hidangan berkuah seperti soto, asem-asem sandung lamur, corned beef.

Sampil (Chuck)

Sampil merupakan daging sapi yang kurang lunak namun penuh rasa karena terdapat kandungan kolagen (protein) yang cukup tingi. Sampil terdapat pada bagian daging paha atas, bahu dan punuk. Cara mengatasi sifat bagian sampil yang kurang lunak, sampil sebaiknya dimasak dengan cairan yang agak lama dengan tutup panci yang tertutup rata. Karena harga sampil lebih murah dibandingkan dengan bagian lainnya seperti has dalam, maka bagian sampil cocok diolah untuk masakan sehari-hari, seperti bakso, abon, semur dan hamburger.

Iga

Iga merupakan potongan daging dari bagian tulang rusuk, yaitu dari rusuk ke enam hingga keduabelas. Tulang iga dapat diolah menjadi sop konro, iga bakar dan semur.

Baca lainnya  Mie Instan Dengan Nasi

Has luar (Sirloin)

Sirloin adalah potongan daging bagian belakang sapi, yang persis di atas bagian has dalam (tenderloin). Sirloin lebih mengandung sedikit lemak daripada tenderloin, sehingga harganya sedikit lebih murah dibandingkan tenderloin. Sirloin dapat diolah menjadi sirloin steak, yakiniku, sukiyaki dan shabu-shabu.

Has dalam (tenderloin)

Tenderloin terdapat di bagian tengah sirloin. Sehingga tenderloin lebih lunak dibandingkan sirloin, dan sedikit mengandung lemak. Cara mengolah tenderloin, cukup dimasak dengan cepat agar tekstur dagingnya tidak rusak. Karena mengandung sedikit lemak dan tekstur yang cukup lunak, maka harga tenderloin lebih mahal dibandingkan jenis potongan lainnya. Tenderloin dapat diolah menjadi tenderloin steak dan fillet mignon.

Samcan (flank)

Samcan merupakan potongan dari perut sapi. Bentuknya panjang dan datar, teksturnya kurang lunak. Samcan dapat direndam satu malam atau beberapa hari untuk membantu proses pelunakan. Samcan dapat diolah menjadi tongseng sapi.

Tanjung (Rump)

Bagian tanjung terdapat pada bagian pinggang sapi yang dilapisi lemak yang cukup tebal. Daging tanjung termasuk jenis daging lunak. Tanjung bisa dipanggang. Jika bagian tanjung diiris tipis-tipis bisa digunakan untuk pembuatan gulai tunjang dan gulai rebung

Sudah siap memasak olahan makanan lezat dengan bagian-bagian daging sapi di atas? Kira-kira menu apa sih yang ingin kamu request dari tim DuniaMasak untuk dijadikan resep? Tinggalkan komentar di bawah ini ya!

Baca lainnya  Tak Perlu Perawatan Mahal, dengan 3 Bahan Dapur Berikut Mampu Mengusir Komedo
{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!