Sejarah Perayaan Hari Kopi Internasional

Hari kopi internasional via freepik ala duniamasak

Kopi adalah minuman yang dihasilkan oleh biji kopi yang telah disangrai. Proses yang dialami oleh kopi sebelum dapat diminum, tentunya memakan waktu yang panjang. Mulai dari pemanenan biji kopi, pengeringan, penyangraian, hingga digiling atau dihaluskan menjadi bubuk kopi. Penemuan biji kopi sendiri dimulai sekitar 800 SM. Dalam menghargai proses dan penemuan ini, masyarakat berinisiatif untuk melakukan perayaan hari kopi internasional.

1 Oktober – Hari Kopi Internasional

Kopi via freepik ala duniamasak
Kopi via freepik

Hari kopi internasional adalah hari peringatan tahunan yang dilakukan pada tanggal 1 Oktober di setiap negara untuk merayakan kenikmatan dalam menyantap kopi. Sebenarnya, sempat menjadi perdebatan mengenai tanggal perayaan International Coffee Day. Ada yang menilai dan meyakini tanggal 29 September yang telah dirayakan di 17 negara termasuk Amerika Serikat, Australia, dan Jepang. Namun, ternyata sudah diresmikan oleh Organisasi Kopi Internasional bahwa 1 Oktober menjadi International Coffee Day dan perayaan ini untuk pertama kalinya diperingati pada tanggal 1 Oktober 2015.

Sejarah Hari Kopi

Berikut beberapa sejarah tentang penyelenggaraan Hari Kopi yang didapat dari situs resmi Organisasi Kopi Internasional:

  1. Acara perayaan Hari Kopi pertama kali dipromosikan oleh The All Japan Coffee Association di Jepang pada tahun 1983.
  2. Hari Kopi Nasional dipromosikan oleh Organisasi Kopi Internasional di Cina dan pertama kali dirayakan pada tahun 1997 serta dibuat menjadi sebuah perayaan tahunan pada awal April 2001.
  3. Hari Kopi Nasional disebutkan oleh publik pada awal 2005 di Amerika Serikat.
  4. Hari Kopi Nasional pertama kali dirayakan pada 17 November 2005 di Nepal.
  5. Hari Kopi Nasional pertama kali dirayakan pada tanggal 17 Agustus 2006 di Indonesia bersamaan dengan hari kemerdekaannya.
  6. Hari Kopi Internasional pertama kali dirayakan pada tahun 2009 di Taiwan.
  7. Istilah International Coffee Day pertama kali digunakan oleh Museum Makanan dan Minuman Southern yang mengadakan konferensi pers pada tanggal 3 Oktober 2009 untuk merayakan dan mengumumkannya pertama kali juga pada New Orleans Coffee Festival.
  8. Hari Kopi Internasional sempat memliki beberapa versi sejarah sebelum disahkan secara resmi seperti beragam acara peringatan Hari Kopi Nasional yang telah diselenggerakan pada tanggal 29 September di banyak negara termasuk Amerika Serikat, Australia, dan Jepang.
Baca lainnya  Mengikuti Tata Cara Makan Unik Rakyat India

Awal mula International Coffee Day jatuh pada tanggal 1 Oktober adalah berasal dari pertemuan Organisasi Kopi Internasional ( International Coffee Organization disingkat ICO ) pada Maret 2014 di Kota London, Inggris yang menghasilkan keputusan tersebut. Pada tahun 2015, Organisasi Kopi Internasional meluncurkan perayaan pertama dari Coffee Day International dengan situs resmi yang digunakan untuk menampilkan puluhan acara yang dilaksanakan oleh lebih dari 35 negara di seluruh dunia. Intinya, Organisasi Kopi Internasional menyampaikan kepada perusahaan swasta, perusahaan independen, asosiasi publik, dan para pecinta kopi di seluruh dunia untuk ikut merayakan International Coffee Day.

Begitupun di negara Indonesia. Sebagai salah satu penghasil kopi terbesar, Indonesia turut merayakan hari besar ini. Sama seperti negara-negara lainnya, umumnya dalam perayaan Hari Kopi Internasional banyak gerai kopi yang menawarkan promosi menarik. Misalnya minuman kopi gratis, diskon kopi, penawaran spesial kepada pelanggan setia ataupun kartu ucapan International Coffee Day. Sahabat Duma ikut merayakan dan sudah menemukan promo belum? Yuk, ceritain pengalamanmu di Hari Kopi Internasional ini! Mari ramaikan perayaan ini dengan cara positif dan tetap dukung produk lokal Indonesia ya 🙂 Happy International Coffee Day

Baca lainnya  Rangehood Fotile : Wujudkan Dapur Sehat, Bersih dan Nyaman Tanpa Asap Dapur
{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!