Sisa Kaldu Berlebih? Jangan Dibuang!

Share artikel ini:

Sahabat Duma, memasak merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan. Namun akan lebih menyenangkan lagi jika kita mengetahui jenis makanan yang akan diolah dengan khasiat dan kekurangannya. Kamu tau nggak sih kalau kaldu sangat penting dalam sebuah proses pengolahan masakan? Yap, baik kaldu ayam, daging sapi, daging kambing, ikan ataupun udang mempunyai kenikmatan tersendiri. Selain air kaldu sebagai penyedap rasa untuk makanan ternyata air kaldu juga mempunyai banyak keunggulan lain lho. Jika kamu membuat air kaldu berlebih, jangan dibuang dulu! Apa aja sih yang bisa di peroleh dari air kaldu? Yuk simak penjelasan dari DuniaMasak berikut!

Foto Via Instagram @dapur_lindawaty

Sebelum kamu membuat air kaldu, perhatikan dulu beberapa hal berikut ya!

Proses Merebus Kaldu

Air kaldu dapat bertahan dengan baik dengan kualitas rasa yang terjaga jika kita mampu mengolahnya dengan tepat. Kaldu ayam, sapi, ikan, udang dan bahan utama lain mempunyai cita rasa kaldu yang berbeda dengan proses yang berbeda pula. Jika kamu ingin merebus kaldu ayam dan kaldu daging sapi ataupun kambing, kamu harus merebusnya dengan api besar hingga benar-benar mendidih. Hal ini diperlukan agar lemak yang dihasilkan oleh daging benar-benar terangkat ke atas panci.

Panci Bima Prima 34CM INOX PREMIUM       BP2007334

Saring Lemak Kaldu
Setelah mendidih, angkat air rebusan kaldu dari kompor, lalu saring lemak. Nah lho? kenapa disaring? Yap, lemak yang terkandung di dalam kaldu berpotensi meningkatkan kolesterol yang jahat bagi tubuh kita. Hal ini jelas dapat meningkatkan risiko serangan jantung, asam urat dan stroke. Hm, jangan sampai nggak disaring ya sahabat duma!

Baca lainnya  5 Tips Memasak Anti Gagal ala duniamasak.com

Bekukan Kaldu di Kulkas
Bagi kamu yang memasak air kaldu berlebih jangan dibuang dulu! kamu masih bisa mengolahnya dengan cara dibekukan. Setelah disaring, simpan ke dalam wadah ataupun tempat bumbu yang kemudian di masukkan ke dalam frezer di kulkas. Setelah beku, lemak akan terlihat menggumpal ke atas. Angkat jika ingin mengolahnya kemudian. 

Foto Via Instagram @hanapriskilaa

Keunggulan apa aja sih yang bisa kita dapatkan dari air kaldu?

Air Kaldu Baik untuk Kucing
Sahabat duma, bagi kamu yang memelihara kucing kesayangan di rumah, jangan buang sisa air kaldu! Air kaldu ternyata mampu membantu sistem pencernaan kucing seperti diare, dan konstipasi. Membantu mengatasi berbagai alergi, sebab air kaldu mengandung kalsium, magnesium, fosor, dan mikronutrien. Bermanfaat untuk penguatan dan penyembuhan tulang, mengatasi masalah gigi, serta menjadi sumber makanan yang baik untuk sistem kekebalan tubuh kucing. Nggak cuma itu, air kaldu juga bermanfaat untuk perbaikan rambut, kulit dan kuku kucing lho. Cara pengolahannya juga praktis. Jika olahan sup yang kamu buat berlebih, kamu hanya perlu memblender sisa sup kamu. Setelah menjadi bubur dan lembut, kamu bisa memberikan kudapan ini ke kucing kesayanganmu.

Baca lainnya  Keunggulan Alumunium Pan dengan Stainless Steel

Menguatkan Tulang
Kandungan kalsium yang terdapat di dalam kaldu sangat baik untuk membentuk tulang menjadi kuat. Oleh karena itu, kamu bisa mengkonsumsi kaldu untuk menjaga dan meningkatkan tulang agar kuat dan tidak mudah keropos.

Menghangatkan Tubuh
Makanan yang mengandung kuah tentu mampu membuat tubuh kita hangat nih sahabat duma! Kaldu bisa kamu konsumsi ketika tubuh merasa menggigil ataupun kedinginan. Juga cocok kamu konsumsi jika cuaca sedang hujan.

Mencegah Insomnia
Jika kamu sering kali merasa kesusahan saat tidur, maka kamu bisa mengkonsumsi air kaldu. Kandungan asam amino yang ada di dalamnya mampu membantu kamu untuk tidur lebih nyenyak. Jadi kamu bisa terhindar dari masalah risiko insomnia deh.

 

“Tell me what you eat, and I will tell you who you are.”
— Jean Anthelme Brillat-Savarin

Share artikel ini:

Yuk bahas artikel ini!