Sudah Tahu Belum, Bagaimana Cara Menggunakan Mesin Kopi?

Share artikel ini:
Mesin Kopi via Bhinneka.com

Mesin Kopi via Bhinneka.com

Bagi pencinta kopi tentu meminum kopi setiap hari menjadi suatu kebutuhan. Namun, terkadang membuat kopi bukan perkara mudah. Anda harus menyeduh kopi terlebih dahulu. Selain itu, ampas yang tertinggal di dasar cangkir seringkali menurunkan cita rasa saat kita menikmati kopi.

Nah, dewasa ini sudah banyak mesin kopi yang disediakan untuk memudahkan Anda dalam menyeduh kopi. Selain praktis, mesin ini pun bisa meringkas waktu kamu dan menghilangkan ampas kopi yang mengganggu.

Pada kesempatan kali ini, Dunia Masak akan mengulas bagaimana cara menggunakan mesin kopi. Tanpa berlama-lama lagi, yuk, simak langkah menggunakan mesin kopi berikut ini.

  1. Masukkan Penyaring Kopi
    Penyaring kopi digunakan untuk menyaring bubuk kopi. Gunakan kertas bermerek untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Kertas tidak bermerek/kertas yang diputihan tidak akan memberikan hasil yang optimal. Alternatif lainnya, Anda bisa memilih mesin kopi yang sudah memiliki fitur filter. Selain lebih mudah, mesin ini pun lebih ramah terhadap lingkungan.
  2. Tuangkan Kopi
    Setiap jenis kopi memiliki komposisi yang berbeda-beda. Tentu saja Anda harus memerhatikan hal ini. Tuangkan kopi sesuai dengan petunjuk yang ada di kemasan (dan sesuai dengan jumlah kopi yang ingin dibuat). Kopi yang sudah Anda takar tadi kemudian dimasukkan pada wadah kopi yang sudah dilapisi kertas penyaring.
  3. Tentukan Jumlah Air untuk Membuat Kopi
    Untuk menentukan takaran air sebaiknya menggunakan baris pengukur pada teko kopi. Anda bisa menuangkan air di sana. Pada umumnya, di teko kopi, ada bagian terbuka di belakang teko atau atas penyaring. Oh ya, jangan meletakkan air di wadah kopi/keranjang penyaring, ini dapat merusak mesin kopi Anda.
  4. Hubungkan Mesin Kopi ke Saluran Listrik
    Setelah kopi dan air Anda masukkan, selanjutnya hubungkan mesin kopi ke listrik dan hidupkan. Sebagian mesin kopi ada yang langsung meracik kopi secara otomatis. Namun, ada pula yang perlu pengaturan waktu secara manual. Bacalah kembali buku petunjuk pada mesin kopi Anda sebelum digunakan.
  5. Tunggu Hingga Kopi Tercampur
    Setelah mesin kopi Anda nyalakan, ia akan mulai membuat kopi. Ekstrak kopi akan bercampur dengan air di teko kopi. Tunggulah beberapa saat hingga kopi tercampur rata. Pada beberapa tipe mesin kopi ada pula fitur “Pause” yang dapat Anda lakukan untuk menghentikan proses pembuatan kopi.
  6. Singkirkan Penyaring Kertas
    Jika mesin kopi Anda menggunakan penyaring kertas, singkirkan kertas penyaring beserta ampas kopi yang ada di dalamnya. Jika terlambat, cita rasa kopi akan terlampau pahit. Oh ya, jika menggunakan mesin kopi yang memiliki fitur filter, Anda bisa segera membuang ampas kopi ke tempat sampah. Namun, ampas ini sebenarnya masih bisa digunakan kembali, meski tidak senikmat racikan pertama.
Baca lainnya  Blender atau Juicer, Sebaiknya Pilih yang Mana yaa?

Untuk memahami langkah dalam menggunakan mesin kopi, berikut ini adalah video tutorial yang telah Dunia Masak siapkan untuk Anda. Check this one!

Sumber: Youtube.com

Nah, demikian informasi kami tentang cara menggunakan mesin kopi. Sebaiknya, segera cuci wadah filter setelah Anda selesai membuat kopi. Cuci hingga bersih sehingga tidak meninggalkan sisa ampas. Ampas yang tertinggal dapat merusak cita rasa kopi pada pembuatan selanjutnya.

Anda juga bisa menambahkan susu segar pada kopi untuk cita rasa yang lebih nikmat. Caranya, masukkan susu segar ke dalam wadah air/teko kopi yang sudah berisi air. Lalu, nyalakan mesin kopi seperti langkah pada poin keempat (4).

Bagaimana, praktis bukan Sahabat Duma?

Baca lainnya  Rekomendasi Toko Kue di Sekitar Jakarta, Meriahkan Natal Kamu yuk!

Mesin kopi memang memudahkan Anda dalam membuat kopi, Anda pun tidak perlu menyiapkan banyak waktu ketika meracik kopi. Nah, buat Anda yang tertarik membeli mesin kopi, Anda bisa mengecek daftar harga┬áterbaru di sini. Ada pilihan produk mesin kopi dari merek-merek ternama. Selamat mencoba Sahabat Duma, yuk, seruput dulu kopinya ­čÖé

 

 

Share artikel ini:

Yuk bahas artikel ini!