Sehat Bersama Susu Kedelai: Manfaat yang Jarang Diketahui

Sehat Bersama Susu Kedelai ala DuniaMasak via vox.com

Sahabat duma, kamu tahu nggak sih apa itu manfaat susu kedelai? Bukan hanya kaya nutrisi dan protein saja lho! Ternyata banyak kandungan lainnya yang memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Nah, manfaat susu kedelai berikut ini jarang banget diketahui oleh banyak orang. Simak yuk penjelasan lengkapnya tim DuniaMasak.

Manfaat Susu Kedelai

Susu Kedelai via mediaterkini.com

Susu Kedelai via mediaterkini.com

Mengatasi Masalah Intoleransi Laktosa

Beberapa anak dan orang dewasa memiliki alergi terhadap susu sapi. Kondisi itu dikenal dengan istilah intoleransi laktosa karena penderita memiliki enzim lactase yang terbatas dalam tubuh. Enzim lactase ini berfungsi memecah laktosa menjadi glukosa dan galaktosa agar usus lebih mudah mencernanya. Karena jumlah enzim yang terbatas itu, maka penderita intoleransi laktosa sulit mencerna susu sapi. Akibatnya, akan timbul respon seperti mual, muntah, diare atau gejala sakit perut lainnya.

Nah, susu kedelai adalah pilihan aman untuk dijadikan pengganti susu sapi, terutama bagi bayi dan balita yang membutuhkan banyak protein. Dua gelas susu kedelai diketahui dapat memenuhi 30% kebutuhan protein bagi balita.

Baca lainnya  Cara Membersihkan Peralatan Masak Kayu di Rumahmu

Membantu Penderita Autisme

Manfaat susu yang satu ini belum banyak diketahui orang, yaitu dapat membantu penderita autisme. Autisme merupakan gangguan perkembangan yang terjadi pada anak di mana anak tidak mampu berinteraksi sosial dan seolah-olah memiliki dunia sendiri. Selain membutuhkan terapi penyembuhan, penderita autism juga disarankan menghindari makanan yang mengandung protein susu (kasein) dan protein tepung (glutein). Selain sulit dicerna, kasein dan glutein juga dapat menyebabkan gangguan fungsi otak sehingga menjadikan penderita autisme semakin hiperaktif.

Mencegah Arteriosklerosis, Hipertensi, Jantung Koroner dan Stroke

Manfaat lainnya adalah dapat membantu mencegah penyakit kardiovaskular. Susu ini mengandung vitamin E yang dapat membantu pencegahan penyakit jantung koroner dan stroke. Itu karena vitamin E mampu mencegah timbulnya plak pada pembuluh darah arteri yang dapat mengakibatkan penyumbatan pembuluh darah. Selain itu, kandungan asam folat dan vitamin B6 pada susu kedelai dapat membantu mencegah terjadinya penyakit jantung.

Baca lainnya  6 Trend Bisnis Makanan dan Minuman Dengan Modal Paling Kecil di Tahun 2016

Susu ini juga mengandung mineral magnesium yang dapat mengatur tekanan darah. Magnesium diketahui mampu menghambat pelepasan tromboksan, atau zat yang membuat trombosit (kepingan darah) menjadi lebih lengket dan mudah menjadi gumpalan. Hal ini membantu mencegah naiknya tekanan darah dan terjadinya stroke maupun gangguan jantung.

Mengurangi Kadar Kolesterol Darah

Manfaat lainnya adalah dapat mengurangi kolesterol dalam darah. Karena susu ini mampu menghalau kolesterol jahat atau Low Density Lipoprotein (LDL) yang memicu penumpukan plak kolesterol di dinding arteri. Ini karena susu kedelai mengandung lesitin yang dapat melarutkan kolesterol dalam darah sehingga mencegah penyempitan dan penyumbatan.

Susu kedelai juga mengandung isoflavon yang berfungsi sebagai antioksidan sekaligus meningkatkan kolesterol baik atau High Density Lipoprotein (HDL) yang berfungsi membersihkan kolesterol di dinding arteri dan membawanya ke organ hati, di mana kolesterol akan dipecah dan dikeluarkan.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!