Tak Perlu Khawatir Makan Es Krim, Simak Fakta Berikut

Yuk makan es krim! via pexels.com

Hai sahabat duma, apakah kamu suka makan es krim? Kudapan dingin yang satu ini memang sangat digemari banyak orang lho. Termasuk dari kalangan anak kecil sampai orang dewasa, siapa sih yang nggak suka es krim! Tapi untuk menikmati es krim ini, banyak dari kita yang khawatir seputar mitos-mitos dari es krim, takut gendut ataupun takut terkena flu dan masih banyak hal lain yang sering kita takutkan jika makan es krim. Kamu tidak perlu khawatir lagi untuk menikmati es krim. Beberapa informasi seputar fakta es krim cream yang nggak akan membuat kamu gendut, akan tim duma jelaskan di bawah ini ya!

Jangan takut makan es krim via www.hadlines.com

Jangan takut makan es krim via www.hadlines.com

Fakta Seputar Makan Es Krim

Es Krim Bikin Gendut?

Orang-orang mengkhawatirkan bahwa ice cream dapat membuat berat badan naik. Namun, fakta membuktikan bahwa kegemukan disebabkan oleh energi dan lemak yang berlebihan serta kurang aktivitas fisik karena kebiasaan makan yang kurang baik dan faktor keturunan. Sementara itu, kontribusi energi dan lemak dalam ice cream per takaran saji sangat kecil, yaitu sekitar 10 persen dari total kebutuhan energi per hari dan 15 persen dari total kebutuhan lemak per hari. Jadi meskipun kamu sering mengonsumsi ice cream, tidak akan membuat kamu gendut ya!

Baca lainnya  DIY Dekorasi Natal Untuk Menghiasi Dapurmu

Es Krim Menyebabkan Batuk dan Flu?

Fakta membuktikan bahwa ice cream cepat meleleh saat masuk ke dalam rongga mulut karena pengaruh suhu tubuh, jadi saat ice cream masuk ke kerongkongan, suhunya sudah tidak sedingin air es. Penyebab batuk pilek adalah terutama virus dan alergen pada anak-anak yang mempunyai sifat alergi bawaan.

Es Krim Menyebabkan Gigi Berlubang?

Gigi berlubang disebabkan fermentasi sisa karbohidrat dan gula yang tertinggal pada gigi. Dianjurkan untuk minum air putih, berkumur, atau menggosok gigi setelah mengonsumsi makanan manis seperti ice cream.

 

Makan Ice Cream via www.top5.com

Makan Ice Cream via www.top5.com

Makan Es Krim Terlalu Cepat Membuat Sakit Kepala?

Bagi kamu yang penasaran dengan mitos mengonsumsi ice cream terlalu cepat dapat menyebabkan sakit kepala, fakta menyebutkan bahwa sakit kepala karena ice cream (atau yang lebih umum disebut brain freeze disebabkan karena pendinginan yang cepat pada sinus frontalis, yang memicu saraf nyeri lokal. Teori yang lain mengatakan, penyebabnya adalah penyempitan pembuluh darah di langit-langit dan belakang mulut. Hal inilah yang menyebabkan aktifnya saraf nyeri dan rasa nyeri menyebar ke kepala. Di bagian belakang mulut terdapat pusat saraf yang disebut sphenopalatine ganglion, dan sangat mungkin inilah penyebab dari brain freeze.

Bagi kamu yang ingin mengonsumsi ice cream, sebaiknya juga untuk membuat ice cream sendiri di rumah.  Kamu bisa membuatnya dengan bahan utama seperti  santan sebagai bahan utama, gula, dan tepung maizena sebagai pengental yang merupakan 100% nabati.

Baca lainnya  Minuman Wajib Setiap Hari, Selain Air Putih yang Harus Kamu Konsumsi

Pilihan lainnya adalah ice cream yang menggunakan susu kacang-kacangan. Susu ini bisa dibuat dari kedelai, maupun kacang almond. Salah satu yang kini dapat ditemukan di pasaran adalah ice cream yang terbuat dari isolated soy protein dari kacang kedelai. Ice cream yang rasanya mirip banget dengan ice cream susu sapi dan bisa dibeli di mini market dan supermarket terdekat.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!