Tips Cerdas Memilih Alat Masak yang Aman. Yuk, Lindungi Keluarga Anda!

Alat Masak Aman via Katalogibu.com
Share artikel ini:
Alat Masak Aman via Katalogibu.com

Alat Masak Aman via Katalogibu.com

Kesehatan keluarga tentu menjadi sesuatu hal yang penting. Terlebih stigma yang mengungkapkan bahwa kesehatan itu mahal. Namun, ternyata gangguan kesehatan dapat disebabkan oleh alat masak yang Anda gunakan, lho.

Mengapa bisa demikian? Yuk, simak informasi lengkap yang sudah dihimpun oleh Dunia Masak untuk Anda.

Di Amerika Serikat, FDA atau Food and Drug Administration mengeluarkan aturan ketat soal pemakaian bahan sebagai wadah atau alat masak. Walhasil, di pasaran akan kita temui dua macam alat masak: alat masak food grade (aman) dan alat masak yang beracun.

Alat Masak Food Grade

Alat masak food grade merupakan alat masak yang terbuat dari bahan-bahan yang ramah untuk bersentuhan langsung dengan makanan/minuman. Dengan begitu, alat masak food grade bisa Anda gunakan untuk meletakkan makanan dan minuman Anda. Beberapa alat masak yang masuk dalam kategori food grade, yaitu:

  • Stainless Steel

Peralatan masak yang menggunakan stainless steel sangat disukai karena sifatnya ya awet dan bisa menyalurkan panas lebih cepat. Namun, peralatan stainless steel masih mengandung campuran logam. Jadi, saat tergores, kandungan logam seperti besi, kromium, dan nikel bisa membuat makanan/minuman Anda beracun. Oleh sebab itu, hindari penggunaan alat pengaduk dan alat cuci yang berpotensi merusak.

  • Besi Tuang/Cast Iron

Kandungan besi pada peralatan masak yang terbuat dari besi tuang memang bisa bereaksi pada masakan. Namun, kandungan besi dalam kadar kecil memang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan begitu, alat masak yang terbuat dari besi tuang relatif aman untuk digunakan. Oh ya, besi tuang mudah terkena korosi, Anda perlu melakukan perlakuan khusus ketika menggunakan peralatan masak ini.

  • Hard Anodizing

Teknologi Hard Anodizing merupakan teknologi yang dapat melapisi bahan aluminium agar tidak bersentuhan langsung dengan makanan. Teknologi ini mampu membuat peralatan masak ini lebih kokoh sehingga tahan digunakan untuk jangka waktu panjang. Selain itu, teknologi hard anodizing tidak mudah terkelupas dan berkorosi.

  • Porselen/Keramik
Baca lainnya  5 Cemilan Sehat Demi Berat Badan yang Ideal

Porselen merupakan peralatan masak yang memang sudah digunakan sejak lama. Porselen relatif aman untuk makanan. Terlebih, peralatan ini pun memiliki keunggulan lain, seperti: tidak lengket, mudah dibersihkan, dan mampu menghantarkan panas dengan baik.

  • Kaca

Nah, kalau ini merupakan alat masak yang aman untuk Anda gunakan karena tidak bereaksi pada makanan/minuman Anda. Namun sayangnya, tidak semua masakan dapat diolah dengan peralatan masak ini.

Tahukah anda, alat masak berbahan material yang kurang baik untuk kesehatan?

Dari berbagai bahan dasar material yang digunakan untuk peralatan masak, beberapa item berikut ini ternyata kurang baik untuk kesehatan:

  • Aluminium

Aluminium adalah konduktor menghantarkan panas dengan baik. Akan tetapi, alat masak ini mudah bereaksi dengan masakan. Jadi, demi menjaga kesehatan keluarga, sebaiknya dalam memilih alat masak hindari penggunaan alat masak ini.

  • Perlengkapan Masak Plastik

Cutlery(sendok,garpu,pisau), spatula dan perlengkapan masak lainnya banyak yang berbahan plastik. Namun, jika terkena panas dalam waktu lama, alat masak ini bisa melepas racun untuk masakan Anda. Sebaiknya Anda saat memilih spatula dan perlengkapan masak lainnya sebaiknya memilih material dengan berbahan dasar kayu dan stainless S/S 304

  • Alat Penyaji Makanan Plastik yang Mengandung BPA
Baca lainnya  Hindari 5 Makanan Untuk Ibu Hamil ini Agar Kandungan Sehat

BPA (Bisphenol A) merupakan bahan plastik yang sering digunakan oleh pabrik plastik untuk membuat wadah atau food container. Sayangnya peralatan masak yang terbuat dari bahan ini dapat memicu keracunan bagi tubuh. Jadi, hindari plastik yang mengandung BPA untuk wadah atau alat penyaji makanan anda pilihlah yang bersertifikasi Bebas BPA.

  • Panci coating Non Stick / Anti Lengket Bebas PFOA

Lapisan anti lengket banyak digunakan pada peralatan masak, salah satu merek yang terkenal ialah Teflon. Teflon dalam suhu tinggi (350C) dapat mengeluarkan 15 jenis gas kimia beracun, termasuk di antaranya dua senyawa karsinogenik. Tentu saja, ini tidak akan baik untuk kesehatan Anda. Terlebih jika lapisan teflon tergores, ia akan mengeluarkan senyawa kimia yang berbahaya, Jadi pemilihan peralatan masak yang terbaik pilih yang bebas racun (NO PTFE, No PFOA) perfluorooctanoic acid.

  • Tembaga

Panci tembaga sebenarnya relatif aman. Hanya saja, jika terkena masakan yang mengandung asam bisa mengikis lapisan pada panci dan membuatnya larut pada masakan Anda. Jadi, sebaiknya hindari penggunaan tembaga untuk menjaga kesehatan keluarga.

 

Nah, demikianlah tips cerdas memilih alat masak yang aman untuk kesehatan Anda dan keluarga. Sebaiknya Anda memilih peralatan masak yang menggunakan bahan material stainless steel S/S 304, A besi tuang, porselen, ataupun kaca. Semoga bermanfaat Sahabat Duma. Yuk, mulai jaga kesehatan Anda dan keluarga.

 

Share artikel ini:

2 thoughts on “Tips Cerdas Memilih Alat Masak yang Aman. Yuk, Lindungi Keluarga Anda!”

  1. Pingback: Seputar Alat Masak Kaca yang Wajib Kamu Ketahui
  2. Trackback: Seputar Alat Masak Kaca yang Wajib Kamu Ketahui
  3. Pingback: Perawatan Mudah Untuk Peralatan Masak Teflon | Jurnal DuniaMasak.com
  4. Trackback: Perawatan Mudah Untuk Peralatan Masak Teflon | Jurnal DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!