Tips Mengatasi Homesick Anak Rantau!

Mengatasi homesick via freepik ala tim duniamasak.com

Sahabat Duma yang belum terbiasa jauh dari rumah pasti akan merasakan perasaan homesick. Homesick, biasanya paling sering dialami oleh orang-orang yang berusia muda karena belum terbiasa jauh dari rumah. Tidak hanya itu, biasanya orang-orang yang memiliki perasaan cemas yang berlebihan sebelumnya, atau tidak adanya dukungan orang-orang dekat untuk merantau juga memiliki perasaan homesick. Tidak ada yang salah dengan perasaan homesick. Itu adalah perasaan yang wajar dialami oleh sebagian orang. Untuk mengatasi homesick, sahabat Duma dapat mencoba tips berikut ini!

Mengatasi Homesick

Mengatasi homesick via freepik ala tim duniamasak.com
Mengatasi homesick via freepik

Homesick bukanlah hal yang memalukan, sehingga kita tidak perlu menyembunyikannya dari orang-orang. Tempat yang baru, berarti juga harus membiasakan diri kita beradaptasi. Contohnya, bila kita merantau untuk bekerja, kita harus menyiapkan makan dan keperluan kerja sendiri. Mungkin biasanya kita hanya duduk manis sambil menunggu masakan ibu matang, namun bila saat merantau kita harus menyiapkannya sendiri. Tips mengatasi homesick dibawah ini sangatlah wajib sahabat Duma coba!

Baca lainnya  Memilih Kemasan Kopi, Agar Kopi Tetap Sempurna!

Jaga komunikasi dengan teman

Mengatasi homesick yang pertama adalah komunikasi dengan teman. Walaupun perasaan kita sedang rindu dengan kampung halaman, janganlah memaksa diri kita tetap di kamar terus-menerus dan meratapi kerinduan. Cobalah berkomunikasi dan bercerita dengan teman agar perasan tersebut terasa ringan. Cobalah berbaur berkumpul dan berbaur dengan teman-teman agar tidak terpaku di dalam kamar.

Santap jenis makanan yang sering dimasak ibu

Tidak ada masakan yang seenak ibu, itu memang ungkapan yang benar adanya. Namun, tidak ada salahnya jika kita sedang merasakan homesick kita dapat mencari jenis makanan yang sering dimasak ibu. Misal, ibu sering memasak sop, nah tidak ada salahnya kita mencari sop disekitar daerah kita tinggal untuk menghilangkan rasa rindu sementara.

Santap makanan khas daerah asal

Lagi dan lagi memang makanan adalah salah satu yang dirindukan bila kita berpergian jauh dari rumah. Mencari makanan khas daerah asal dapat juga mengobati rasa rindu kita. Jangan lupa ajak teman-temanmu juga mencoba makanan khas daerah asalmu agar suasana semakin ramai dan ceria.

Baca lainnya  Oleh-oleh Khas Arab Saudi yang Paling Banyak Diminati, Apa Saja Ya?

Jalan-jalan

Jalan-jalan juga merupakan salah cara yang ampuh untuk menghilangkan perasaan homesick. Jika sahabat Duma menyukai suasana yang berbau alam, maka bisa mencari tau wisata di daerah sekitar tempat tinggal. Jalan-jalan juga dapat me-refresh pikiran agar tidak fokus terhadap masalah yang sedang dihadapi.

Cari kesibukan

Carilah kesibukan atau hobi baru di tempat tinggalmu. Misalnya kita hobi menanam tanaman. Maka fokuslah ke hobi tersebut agar mengalihkan perasaan homesick.

Video call orang tua

Mengatasi homesick yang paling ampuh memang melihat wajah dan mendengar suara orang tua. Video call orang tua untuk menanyakan kabar orang tuamu, dan juga jangan malu untuk mengutarakan perasaan rindu dan cintamu terhadap mereka. Setiap kendala atau problem yang kita alami terbukalah kepada orang tua agar kita tidak merasa sendiri.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!