5 Cara Menyimpan Sayur di Kulkas, Tetap Segar!

Bila sahabat Duma memiliki sisa sayuran di rumah, maka bisa menyimpannya di lemari es agar lebih awet. Hal ini membuat sayuran pun menjadi lebih mudah untuk diolah karena kita telah menyimpannya dalam lemari es. Nah berikut ini adalah cara menyimpan sayur di kulkas agar kesegarannya terjaga:

Cara Menyimpan Sayur di Kulkas

trik dapur menyimpan sayuran via despreraonic.info ala tim duniamasak.com 5 Cara Menyimpan Sayur di Kulkas, Tetap Segar!
Sayuran via despreraonic.info

Beberapa sayuran mudah membusuk, dan akhirnya dibuang. Jika sahabat Duma sering mengalami masalah ini, ada baiknya mengikuti lima cara menyimpan sayur di kulkas agar tetap segar dan tahan lama. Yuk simak!

Sortir sayuran

Pisahkan sayuran segar dan sayuran layu di lemari es. Saat memasak kembali, gunakan sayuran yang sudah layu tapi belum busuk seluruhnya. Agar sayuran tetap segar untuk waktu yang lebih lama, buang bagian dan akar yang layu, dan jaga kualitas sayuran tetap tinggi. Ini juga berlaku untuk sayuran yang baru saja dibeli.

Jangan cuci sayuran sebelum masuk ke kulkas

Sering kita lakukan saat menyimpan sayuran di lemari es, sayuran telah dicuci bersih. Alasannya saat ingin memasak, kita tidak perlu repot mencucinya lagi. Padahal mencuci sayuran sebelum memasukkannya ke dalam lemari es membantu mengurangi jumlah bakteri yang dapat tumbuh di atasnya, yang dapat membuatnya lebih cepat membusuk.

Baca lainnya  Sajian Hidangan Natal yang Spesial dan Menggoda Selera

Melapisi dengan kertas

Agar sayuran tetap segar dan mencegahnya membusuk di lemari es, kita perlu menutupinya dengan sesuatu agar tetap terjaga suhunya. Kita bisa menggunakan kertas atau handuk kertas, atau kita bisa memasukkan sayuran ke dalam kantong zip lock yang sudah kita lubangi sebelumnya.

Hindari berdekatan dengan buah

Jangan menaruh sayur dan buah di rak kulkas yang sama. Mereka harus disimpan di rak yang berbeda meskipun jika lemari es penuh. Karena buah mengeluarkan etilen, ia mempercepat tingkat kematangan sayuran di dekatnya. Ini berarti sayuran akan matang lebih cepat, dan bahkan mungkin mulai membusuk.

Cek sayuran berkala

Periksa sayuran di lemari es sesekali untuk memastikan kondisinya baik. Jika melihat sayuran yang mulai busuk, kita dapat segera membuangnya agar tidak merusak sayuran lainnya.

Baca lainnya  Begini Caranya Bersihkan Peralatan Dapur mu Dengan Mudah dan Simpel
{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan