6 Alat Dapur Untuk Masakan Asia

Karena bahan yang digunakan dan metode memasaknya yang berbeda, setiap negara memiliki peralatan dapur yang berbeda. Misalnya, di Asia Tenggara, cobek digunakan untuk menggiling makanan, sedangkan di Tiongkok, wajan lebar digunakan untuk menggoreng. Ada banyak peralatan memasak yang umum digunakan di dapur Asia, khususnya di Asia Tenggara dan Timur. Yuk kita lihat alat dapur untuk masakan Asia:

Alat Dapur Untuk Masakan Asia

pisau via freepik ala tim duniamasak.com 6 Alat Dapur Untuk Masakan Asia
Pisau via freepik

Perbedaan jenis masakan dan gaya penyajian menunjukkan bahwa peralatan memasak masakan Asia berbeda dengan yang digunakan di tiap negara. Berikut ini adalah alat dapur untuk masakan Asia:

Talenan tebal

Dalam masakan Asia, ayam dan ikan utuh biasanya dipotong tulangnya sehingga memerlukan talenan khusus. Secara tradisional, potongan batang pohon digunakan untuk tujuan ini, namun karena masalah lingkungan, alternatif seperti talenan kayu tebal atau plastik keras kini lebih umum digunakan. Talenan kayu dianggap sebagai pilihan terbaik karena tahan lama dan tahan lama.

Saringan

Sementara alat dapur saringan biasanya digunakan untuk memanaskan kembali mie dalam air mendidih. Tidak hanya itu biasanya digunakan untuk mencuci sayuran, makanan laut, dan mie matang. Saringan lain memiliki bentuk mangkuk dengan lubang kecil.

Baca lainnya  Intip Cemilan Rujak Buah dengan Kuah yang Beragam yuk!

Cobek

Asia Tenggara terkenal dengan masakannya yang menggabungkan banyak rempah. Banyak resep memerlukan penggilingan bahan-bahan ini, biasanya dilakukan dengan menggunakan cobek. Selain menghasilkan tekstur halus, proses ini membantu mengeluarkan minyak dari bahan-bahan. Beberapa orang tetap memilih metode tradisional karena mereka yakin akan menghasilkan rasa yang lebih enak, meskipun dapur modern sering kali menggunakan blender atau pengolah makanan untuk menggiling.

Pisau serbaguna

Di Asia, pisau serbaguna digunakan dengan cara yang sama, dengan berbagai ukuran tersedia. Ketebalan bilahnya berbeda, meskipun sekilas mirip. Banyak orang lebih suka pisau yang kokoh dan besar yang dapat memotong berbagai jenis daging. Untuk digunakan dengan benar, ketajaman memerlukan penajaman yang teratur dengan batu asah. Ukuran pisau yang baik untuk pemula adalah yang nyaman dipegang.

Wok

Ada juga wajan besar untuk memasak banyak. Di dapur Asia, biasanya dilakukan oleh satu alat, yaitu wajan atau wok, dan wajan yang digunakan untuk memasak di atas kompor ini memiliki bentuk yang cukup unik.

Baca lainnya  Penghisap Asap Modena: Pilihan Tepat untuk Kebutuhan Dapur Masa Kini

Kukusan

Kukusan juga dimiliki oleh dapur Asia karena makanan Asia seperti dimsum dan bakpao membutuhkan alat ini untuk pengukusan.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com