Yuk Lakukan Zero Food Waste untuk Sayangi Lingkungan

Zero food waste reuse membuang makanan via freepik ala duniamasak

Zero food waste adalah gerakan untuk memelihara lingkungan dalam penggunaan bahan makanan yang bisa diolah kembali (reuse) untuk mencegah pembuangan sampah yang sia-sia. Pasti banyak yang bertanya-tanya, apakah sampah makanan benar-benar bisa dipakai kembali? Sebelum ke tahap reuse, ada beberapa tindakan yang bisa dilakukan. Simak informasinya di bawah ini:

4 Cara Mudah Menerapkan Zero Food Waste

Belanja Bahan Makanan Secukupnya

Aplikasi Belanja Sayur Online via freepik ala tim duniamasak.com
Belanja buah dan sayur via freepik

Banyak ibu rumah tangga yang gemar berbelanja bahan makanan secara berlebihan karena mungkin sedang ada promo jika membeli dengan jumlah banyak. Bisa dibilang, ini juga kurang baik karena disebut lapar mata. Akibat dari terlalu banyak berbelanja bahan makanan, maka kemungkinan semua akan dimasak menjadi banyak macam hidangan dalam satu waktu yang sama. Jika tidak habis dimakan, maka akan menimbulkan banyak sisa makanan yang berujung dibuang. Oleh karena itu, ada baiknya berbelanja bulanan secukupnya dengan mencatat apa saja bahan yang benar-benar dibutuhkan untuk dibeli.

Baca lainnya  Kenali Jenis Cabai yang Sering Digunakan Untuk Memasak

Mengatur Porsi Makan

Makanan asian dan western via freepik ala tim duniamasak.com
Berbagai pilihan makanan via freepik

Dengan nama gerakan zero food waste, tentu sebisa mungkin porsi makan setiap hari perlu dipertimbangkan agar tidak terbuang. Ambil makanan dengan porsi yang cukup diatas piring dan jangan sampai mengambil makanan yang terlalu banyak. Hal ini sering terjadi saat di acara arisan, meeting, atau pernikahan yang memakai catering prasmanan. Di rumah pun bisa terjadi saat di meja makan dan saat memesan makanan di platform food delivery. Beli makanan sesuai dengan kebutuhan dan dengan porsi makan yang secukupnya agar meminimalisir sampah makanan.

Mengolah Sampah Makanan Menjadi Kompos

Zero food waste compost via freepik ala duniamasak
Sisa makanan untuk kompos via freepik

Tak bisa dipungkiri bahwa tidak bisa sepenuhnya membuat sampah makanan hilang dari dapur. Seperti sehabis mengolah bahan makanan; terdapat sisa kulit bawang merah, kulit pisang, kulit apel, dan lainnya yang masih ada. Sisa bahan tersebut bisa diakali dengan menjadikannya sebagai pupuk kompos. Pupuk ini juga mempunyai manfaat yang baik seperti untuk menyuburkan tanaman buah dan sayur yang tentunya bisa digunakan kembali.

Baca lainnya  Cari Tahu 6 Manfaat Daun Ginseng, Menyehatkan Lho!

Menggunakan Food Waste Disposer

sinkgard food waste disposer via duniamasak.com
Food waste disposer sinkgard via duniamasak.com

Food waste disposer adalah mesin penghancur sampah organik yang berfungsi untuk menghaluskan sampah sebelum dibuang. Sampah organik yang hancur ini akan masuk ke tanah dan berproses sehingga menjadi zat yang berguna bagi tanah. Tekstur sampah-nya pun sudah mengecil dan tidak menimbulkan penyumbatan. Cara menggunakannya sangat mudah, hanya dengan menghubungkan prosesor dan wastafel wadah mencuci peralatan dapur. Sampah sisa makanan bisa langsung dibuang ke saluran prosesor saat mencuci piring lalu mesin akan memproses sampah hingga hancur.

Beli produk Food Waste Disposer SINKGARD di Duniamasak.com sekarang dan temukan diskon serta harga terbaik. Nikmati promo dan tawaran eksklusif dengan layanan customer service terbaik serta berbagai pilihan jenis pengiriman + pembayaran termudah. Anda tertarik dengan penawaran ini? Segera hubungi tim sales kami di nomor telepon (021) 5890 8175 atau WhatsApp ke 0877-7617-0008 / 0821-1249-9395.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!