Kenali Decanter Mesin Penghangat Kopi atau Teh!

Kenali Decanter Mesin Penghangat Kopi atau Teh via freepik dan duniamasak.com

Decanter atau mesin penghangat kopi adalah alat yang sering digunakan dalam sajian sebuah minuman kopi atau teh dalam berbagai kebutuhan mulai dari rumah tangga hingga bisnis cafe dan hotel. Umumnya orang akan mengira bahwa decanter atau coffee maker ini seperti ceret atau teko, padahal fungsi dari decanter sangatlah berbeda. Cari tahu tentang decanter mesin penghangat kopi atau teh di sini!

Decanter Mesin Penghangat Kopi atau Teh

Mesin Penyaji dan Penghangat Kopi dan Teh GETRA CM 0521 With 2 Decanter via duniamasak.com Decanter Mesin Penghangat Kopi atau Teh
Mesin Penyaji dan Penghangat Kopi dan Teh GETRA CM 0521 With 2 Decanter via duniamasak.com

Sesuai dengan judul pada artikel kali ini, decanter digunakan untuk membuat kopi bahkan untuk menghangatkan kopi dan juga teh. Tampilan dari mesin ini adalah seperti ceret dengan material yang umumnya terbuat dari kaca untuk bagian body dan dari stainless steel pada bagian bawah. Material itu dibuat bertujuan agar panas dapat menyebar stabil dan merata. Selain itu, terdapat tatakan konduktor yang menghubungkannya dengan listrik. Sehingga membuat decanter sangat berbeda dengan ceret pada umumnya yang memanfaatkan api untuk memanaskannya.

Baca lainnya  Mengenal 5 Jenis Timbangan dan Fungsinya

Perbedaan Decanter dengan Ceret atau Teko

Teko ZEBRA Whistling Kettle Classic 4,5liter 113522 via duniamasak.com Decanter Mesin Penghangat Kopi atau Teh
Teko ZEBRA Whistling Kettle Classic 4,5liter 113522 via duniamasak.com

Wajar bila beberapa orang akan merasa kesulitan bila membedakan decanter dengan ceret. Bahkan banyak yang berfikir bahwa kedua alat tersebut sama saja. Berikut ini adalah perbedaan dari decanter dengan ceret:

Material

Tak sulit bila harus membedakan decanter dengan ceret bila dilihat dari segi materialnya. Bahan dari ceret yang biasanya dapat untuk memanaskan air menggunakan bahan yang tahan akan suhu yang ekstrem seperti baja, stainless steel, dan aluminium. Sedangkan untuk decanter memiliki bahan material yang umumnya dari kaca untuk bagian body, dan pada bagian bawahnya terbuat dari stainless steel yang berfungsi untuk mengantarkan panas sehingga merata pada seluruh bagian decanter.

Bentuk

Bentuk dari ceret umumnya sangat khas, dengan gagang yang terbuat dari plastik atau kayu untuk meredam panas. Ceret juga biasanya memiliki leher mulut yang panjang yang berfungsi untuk menuang air. Tak hanya itu ceret juga memiliki pluit yang menghasilkan suara nyaring yang menandakan air sudah mendidih. Sedangkan decanter memiliki bentuk yang lebih kecil dari ceret dengan gagang plastik sebagai peredam panas. Leher mulut decanter cenderung pendek dan tidak memiliki pluit.

Baca lainnya  Rutin Konsumsi Buah Naga Berikut Efeknya !

Fungsi

Tentunya dari material dan juga bentuk kita sudah dapat memahami bahwa fungsi decanter dengan ceret berbeda. Ceret menggunakan panas api untuk memanaskan air sehingga mencapai titik didih hingga menghasilkan uap yang panas. Hal tersebut membuat kita tidak dapat langsung menikmati air yang dipanaskan tersebut. Lain halnya dengan decanter yang menggunakan listrik untuk menghangatkan air. Sehingga langsung dapat dinikmati oleh pecinta kopi tanpa harus memastikan apakah air sudah hangat atau belum. Tak heran bila decanter sering digunakan untuk cafe, kantor, rumah tangga, dan bisnis lainnya karena lebih mudah dan tampilannya yang dapat mempercantik ruangan.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!