Jenis Pembuka Tutup Botol yang Sering Digunakan

Alat pembuka tutup botol dan kaleng via pixabay ala duniamasak

Bagi penggemar minuman dalam kemasan, tentu sudah familiar dengan bottle opener. Alat ini juga mempunyai beragam jenis tergantung kemasan botol ataupun kaleng yang digunakan. Mari simak beberapa jenis pembuka tutup botol yang paling sering digunakan dan banyak tersedia di pasaran.

Alat Pembuka Tutup Botol

Pembuka tutup botol via pixabay ala duniamasak
Pembuka tutup botol via pixabay

Pembuka tutup botol sederhana

Bottle opener yang satu ini yang sangat sering ditemukan di rumah. Dengan bahan material yang terbuat dari metal, bottle opener ini berfungsi untuk membantu membuka botol minuman ringan. Cara penggunaannya adalah cukup dengan menyelipkan alat bagian lengkung di bawah tutup botol lalu diangkat keatas hingga tutup botol terlepas. Umumnya, bottle opener sederhana memiliki beraneka ragam bentuk seperti segitiga, bulat, dan trapesium.  Harganya pun sangat terjangkau untuk memenuhi kebutuhan dapur rumah tangga.

Baca lainnya  Sejarah Kue Ulang Tahun dan Tradisi Tiup Lilin

Pembuka tutup botol cacing

Bottle opener berbentuk cacing sering disebut sebagai kotrek. Kotrek terbuat dari logam dengan ujung yang runcing dan berbentuk memutar seperti cacing. Pegangan opener ini terbuat dari kayu sehingga lebih aman untuk digunakan. Kegunaan bottle opener bentuk cacing ini adalah untuk membantu membuka tutup minuman wine yang terbuat dari gabus. Cara penggunaannya adalah cukup menancapkan ujung runcingnya ke tutup gabus lalu putar pegangan secara perlahan searah jarum jam hingga tutup botol terlepas.

Pembuka tutup kaleng

Selain botol, minuman kemasan lainnya yang digemari adalah dengan wadah kaleng. Kemasan ini pun perlu dibantu dengan alat agar bisa lebih mudah membukanya. Biasanya, can opener dilengkapi dengan magnet agar tutup kaleng tidak tenggelam ke dasar wadah. Bentuk alat yang paling banyak digunakan adalah pembuka tutup kaleng putar. Cara penggunaannya adalah cukup dengan menaruh bagian yang bergerigi di pinggiran kaleng dan kencangkan pegangan lalu putar kuncinga hingga bergerak mengelilingi kaleng.

Baca lainnya  Yuk Intip Perayaan Tahun Baru di Jepang

Demikian informasi jenis bottle opener dan can opener yang sering digunakan. Menurut sahabat DuMa, manakah jenis bottle opener yang paling mudah dipakai? Jangan lupa tulis di kolom komentar ya 😀

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Yuk bahas artikel ini!