Fakta Lamang Tapai, Makanan Khas Minang!

Wilayah Minang terkenal dengan sajian makanan mewahnya yang menggiurkan, mulai dari hidangan rendang yang enak hingga suguhan lamang tapai yang lezat. Terlepas dari statusnya sebagai makanan yang nikmat, camilan khusus ini telah berhasil bertahan dari masa ke masa serta umumnya hanya didapat selama acara-acara tertentu. Oleh karena itu, mari kita simak fakta lamang tapai yang mewah!

Fakta Lamang Tapai

lemang tapai via kompas ala tim duniamasak.com Fakta Lamang Tapai, Makanan Khas Minang!
Lemang tapai via kompas

Lamang merupakan masakan khas yang dimasak dengan menggunakan bambu muda. Bahan utamanya adalah beras ketan putih, santan, daun pandan, dan sedikit garam. Proses memasaknya melibatkan pembakaran bambu di atas bara api, namun bagian dalam bambu terlindungi sehingga makanan di dalamnya tetap aman. Bagian lain dari hidangan yang disebut tapai dibuat menggunakan beras ketan hitam dan ragi.

Khas Sumatera Barat

Lamang Tapai adalah masakan tradisional Minang yang populer di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Konon rasanya lebih enak jika dinikmati di dataran tinggi Minangkabau yang sejuk.

Proses Pembuatan Rumit

Proses pembuatan lamang tapai kuliner tradisional minang terbilang rumit dan memakan waktu. Teknik memasak dan bahan-bahan yang digunakan tetap tradisional untuk mempertahankan cita rasa yang otentik.

Baca lainnya  [QUIZ] Pilih 1 Pulau dan DuMa akan Tahu Bisnis Kuliner yang Kamu Jalankan

Mula-mula campuran beras ketan putih dan santan ditaruh di ruas-ruas bambu muda, dialasi daun pisang, dan dibakar di atas kayu bakar. Perpaduan unik santan, daun pisang, bambu, dan kayu bakar ini memberikan aroma khas lamang. Topping dibuat dengan cara memfermentasi beras ketan merah dengan ragi dan cengkeh selama beberapa hari, sehingga menghasilkan tapai. Inilah mengapa hidangan ini disebut lamang tapai.

Tekstur

Lamang memiliki tekstur yang enak dan legit, sedangkan tapai memiliki rasa yang tajam. Kombinasi rasa ini menciptakan cita rasa yang unggul. Makan lamang hangat saat cuaca dingin memang mengenyangkan dan pas.

Varian Lamang

Hidangan tradisional yang terbuat dari ketan ini termasuk lamang tapai yang dibuat hanya dengan beras ketan putih, lamang tapai pisang yang dibuat dengan ketan dan pisang, sedangkan lamang tapai baluo yang dibuat dengan beras ketan, parutan kelapa, dan gula merah. Setiap jenis memiliki rasa yang berbeda.

Sulit didapat sehari-hari

Lamang Tapai adalah suguhan istimewa yang penting saat acara adat di Minangkabau. Orang bisa membelinya dari penjual yang membawa keranjang di atas kepalanya, atau menemukannya di pasar. Harganya tidak mahal, sekitar Rp 5.000 untuk 2 buah lemang dan sebungkus tapai.

Baca lainnya  Ini Dia Roti Manis dari Italia, Rasanya Lezat!
{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan