4 Bubur Buah yang Dianjurkan untuk Bayi Usia 6 Bulan

Tahukah kamu, jelang usia 6 bulan pertama bayi mulai diperkenalkan dengan MPASI (makanan pendamping asi). Tujuannya adalah agar si kecil belajar mengecap rasa dan melumat makanan dengan baik. Biasanya untuk permulaan ini sang ibu sebaiknya memberikan bubur tim atau buah-buahan yang dihaluskan hingga lembut. Selain ASI, buah-buahan atau bubur buah wajib diberikan kepada si kecil untuk memberikan nutrisi dan serat dalam tubuh. Simak penjelasannya di bawah ini ya!

Bubur Buah untuk Bayi Usia 6 Bulan

bubur buah via lifestyle.okezone.com

bubur buah via lifestyle.okezone.com

1. Bubur Pisang

Saat enam bulan pertama si kecil cukup diberikan makanan pendamping ASI dengan buah murni tanpa campuran gula. Cara membuat bubur pisang ini cukup mudah lho! Kamu hanya tinggal menghaluskan buah pisang yang manis menggunakan garpu hingga halus ya! Setelah itu campurkan pisang yang sudah di haluskan dengan dua sendok makan ASI, lalu aduk kembali hingga rata. Oiya, buah pisang ini mengandung banyak karbohidrat dan nutrisi yang baik buat pertumbuhan dan kecerdasan si kecil.

Baca lainnya  Cara Budidaya Buah Kecapi yang Baik dan Benar

2. Bubur Alpukat

Bubur buah untuk bayi di masa MPASI wajib kamu berikan setiap harinya agar gizi dan nutrisi si kecil terpenuhi. Seperti bubur buah alpukat ini yang banyak mengandung vitamin K, E, B6, dan vitamin C. Cara membuatnya mudah, cukup pisahkan daging buah alpukat dari kulitnya kemudian haluskan menggunakan garpu atau blender. Setelah itu campurkan dengan ASI atau susu formula sebanya dua sendok makan dan aduk hingga merata. Berikan pada si kecil saat pagi atau sore hari.

3. Bubur Apel

Buah apel memiliki berbagai macam kandungan seperti vitamin C dan A, magnesium, kalsium, fosfor, dan kalium yang dapat membantu tumbuh kembang bayi. Bubur buah untuk bayi rasa apel, dapat membantu bayi mengenal rasa asam dan manis pada lidahnya.

4. Bubur Pir

Bubur buah untuk bayi selanjutnya yakni pir yang juga memiliki banyak kandungan vitamin C, kalsium, fosfor, dan juga kaliumnya yang memang sangat bermanfaat untuk tumbuh kembang otak si kecil. Sama seperti apel, kamu cukup menghaluskan buah pir menggunakan blender, namun kupas terlebuh dahulu kulitnya.

Baca lainnya  Kerang Favorit yang Sering Dikonsumsi Masyarakat Indonesia
{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan