Manfaat Rice Cooker Selain Masak Nasi

Rice cooker merupakan barang penting dalam rumah tangga Indonesia, pasalnya mayoritas masyarakat menjadikan nasi sebagai makanan pokok. Selain memasak nasi, ternyata peralatan serbaguna ini dapat digunakan untuk memasak berbagai macam makanan, sehingga menjadikannya pilihan yang nyaman ketika kompor tidak tersedia. Berikut ini adalah manfaat rice cooker yang wajib sahabat Duma ketahui.

Manfaat Rice Cooker

rice cooker wise via duniamasak.com
rice cooker wise via duniamasak.com

Selain untuk menanak nasi, rice cooker juga bisa digunakan untuk membuat berbagai masakan lainnya. Yuk kita cari tahu manfaat rice cooker ini:

Memasak kue

Rice cooker dapat digunakan untuk membuat berbagai jenis kue, seperti kue bolu, brownies, dan pancake. Cukup siapkan adonan kue di mangkuk terpisah dan pindahkan ke dalam panci rice cooker yang sudah diolesi mentega. Waktu memasak dapat berbeda-beda tergantung jenis kuenya, jadi penting untuk memeriksanya dan memasaknya lebih lama jika diperlukan. Kue tertentu mungkin memerlukan beberapa kali memasak.

Memasak mie instan

Jangan lupa, rice cooker juga bisa digunakan untuk membuat mie instan. Caranya, cukup panaskan air di rice cooker, masukkan mie dan bahan lainnya, lalu masak seperti biasa. Perlu diingat bahwa waktu memasaknya mungkin lebih lama dibandingkan memasak di atas kompor, jadi pastikan untuk memeriksa mie secara rutin untuk memastikan mie matang dengan sempurna.

Baca lainnya  Cara Membersihkan Oven yang Benar!

Memasak mac and cheese

Penanak nasi dapat digunakan untuk memasak pasta, khususnya makaroni dan keju. Cukup tambahkan makaroni, air, dan garam ke dalam panci, biarkan matang, lalu tambahkan susu dan keju untuk membuat hidangan mac dan keju yang lezat. Hal ini menunjukkan bahwa rice cooker merupakan alat serbaguna untuk memasak berbagai macam makanan. Cobalah!

Mengukus makanan

Rice cooker tertentu dilengkapi dengan fungsi pengukus, sehingga sahabat Duma dapat mengukus berbagai makanan seperti dim sum dan sayuran. Prosesnya mirip dengan mengukus di atas kompor – cukup panaskan air di rice cooker, letakkan pengukus di atasnya, masukkan makanan, dan biarkan matang.

Memasak sup

Selain untuk membuat mie instan, rice cooker juga bisa sahabat Duma gunakan untuk memasak sup atau masakan berbahan dasar cair lainnya. Cukup tambahkan air, minyak, sayuran, daging, dan bumbu, aduk, tutup, dan biarkan matang. Pantau proses memasak untuk mencapai tingkat kematangan yang diinginkan. Karena dimasak dalam panci rice cooker, sup tidak perlu dipindahkan ke wadah lain, sehingga metode memasaknya nyaman dan efisien.

Baca lainnya  Tips Menggunakan Minyak Goreng Bekas Ala Duniamasak
{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com