6 Alat Masak untuk Masakan China yang Wajib Diketahui!

China adalah negara yang memiliki banyak aneka ragam masakan yang lezat. Tidak heran jika masakan China masuk dalam daftar salah satu masakan terenak di dunia. Masakan China terkenal dengan proses memasaknya yang cepat namun tetap menghasilkan rasa yang nikmat. Usut punya usut ternyata ini loh 6 alat masak untuk masakan China yang wajib diketahui!

Alat Masak untuk Masakan China

alat masak untuk masakan China via freepik ala tim duniamasak
Alat masak untuk masakan China via freepik

Masakan China umumnya banyak yang diolah menjadi tumis, meskipun kita juga sering memasak makanan tumis namun ternyata alat masak yang digunakan berbeda lho sahabat Duma. Bila sahabat Duma mulai penasaran, yuk simak alat masak untuk masakan China dibawah ini:

Spatula Wok

Spatula yang biasanya kita gunakan adalah spatula yang berbentuk pipih. Lain halnya dengan spatula yang digunakan untuk masakan China. Alat masak untuk masakan China yang satu ini bentuknya lebih mirip dengan sendok sayur. Bentuknya yang menjorok kedalam seperti wok ini memiliki gagang yang panjang sehingga memudahkan dalam menumis makanan dan juga menyajikannya ke piring.

Sumpit Bambu Panjang

Sumpit ini umumnya sangat panjang dan berbahan dasar bambu. Kegunaannya tidak lain untuk mengaduk masakan China yang terdapat bahan makanan yang dipotong-potong kecil. Agar potongan tersbut tidak mudah hancur digunakanlah sumpit untuk mengaduk dibanding spatula.

Baca lainnya  Makanan yang Disukai Orang yang Lahir di Bulan Agustus

Wajan Cekung

Wajan cekung ini bisa dikatakan multifungsi, karena dapat digunakan untuk menumis, merebus dan menggoreng. Wajan cekung ini memusatkan aliran panas ditengah dan sisinya digunakan untuk mendinginkan masakan. Saran Duma, belilah wajan cekung yang berbahan dasar besi dan hindari pembelian wajan yang anti lengket.

Talenan

Masakan China biasanya terdiri dari potongan-potongan kecil yang memang memerlukan talenan sebagai wadah saat memotong bahan masakan. Talenan ini berfungsi agar pisau yang digunakan untuk memotong tidak langsung bersentuhan dengan keramik atau meja masakan sehingga membuat masakan tetap higienis. Talenan yang dijual dipasaran pun memiliki bentuk dan bahan yang beragam. Saran Duma talenan yang berbahan kayu adalah talenan yang sangat bagus dan kuat untuk digunakan.

Saringan

Saringan yang sering digunakan sebagai alat masak untuk masakan China berfungsi untuk memisahkan mie atau masakan gorengan lainnya dari minyak yang memang cukup banyak. Saringan yang diunakan pun agak cekung agar daoat meniriskan makanan dari air ataupun minyak.

Baca lainnya  RoCa Restaurant - Artotel Jakarta: Penawaran Dengan Seni Berkelas

Pisau Golok

Pisau yang berbentuk besar ini memiliki mata pisau yang tajam sehingga dapat digunakan untuk memotong bahan masakan apa saja. Mulai dari daging hingga sayuran secara cepat dan tepat. Hal itu lah yang menunjang proses memasak masakan China lebih cepat.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan