4 Jenis Daun Untuk Membungkus Makanan, Selain Daun Pisang!

Siapa yang tidak tahu makanan lonting? Nasi yang dibalut dengan daun pisang ini pasti pernah sahabat Duma nikmati! Meski menggunakan daun pisang merupakan pilihan yang murah, pembungkus daun pisang pada lontong ini lebih sehat daripada pembungkus makanan buatan. Nah kira-kira apa saja ya jenis daun untuk membungkus makanan selain pisang?

Tidak Hanya Daun Pisang, Ini Dia Jenis Daun Untuk Membungkus Makanan

Hingga saat ini daun pisang masih sering digunakan di beberapa restoran, antara lain warung nasi padang dan warung angkringan pinggir jalan yang menjual nasi bungkus. Untuk Daun pisang sendiri mengandung antibakteri dan juga antioksidan tentunya keduanya baik untuk kesehatan tubuh. Selain daun pisang, ada jenis daun untuk membungkus makanan secara alami lainnya yang juga memiliki banyak manfaat.

Daun kelapa

4 Jenis Daun Untuk Membungkus Makanan, Selain Daun Pisang! ketupat  via bukalapak.com
Ketupat via bukalapak.com

Makanan khas Indonesia seperti ketupat sering menggunakan daun kelapa sebagai bahan utamanya. Daun kelapa memiliki sifat antibakteri dan antiseptik yang dapat membantu menyembuhkan luka. Merebus atau menggunakannya untuk membungkus makanan adalah salah satu cara mereka melakukannya.

Baca lainnya  Resep Sapo Tahu Enak ala Restoran

Daun pandan

Kue tetu via backpackerjakarta.com ala tim duniamasak Jenis Daun Untuk Membungkus Makanan
Kue tetu via backpackerjakarta.com

Sulawesi terkenal dengan jajanan lezatnya yang menggunakan daun pandan besar sebagai penutup makanannya. Camilan yang menggunakan daun pandan ini sangat unik dan lezat, dan merupakan makanan khas pulau ini. Daun aromatik ini pasti akan menggiurkan bagi yang memakannya. Daun pandan dapat membantu menetralkan racun dan melepaskan kotoran dari tubuh.

Daun jati

sego berkat via buddyku ala tim duniamasak.com
Sego berkat via buddyku

Daun jati masih digunakan sebagai pembungkus makanan di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Seperti daun pisang, daun jati juga memiliki sifat antibakteri dan antimikroba. Daun tanaman berkayu ini dikenal karena daya tahannya yang luar biasa, stabilitas dimensi, dan kekerasannya. Selain itu, mereka tahan terhadap pembusukan. Tidak ada salahnya menggunakan daun jati untuk menutupi makanan berkuah.

Daun bambu

bacang via kompas.com ala tim duniamasak.com
Bacang via kompas.com

Bacang adalah masakan Tionghoa populer yang terbuat dari nasi atau ketan, diisi dengan ayam, jamur, telur, atau tahu. Rasanya enak dan unik, dan pastinya bikin ketagihan. Daun bambu digunakan untuk membuat instrumen berbentuk piramida segitiga. Tali digunakan untuk membantu menjaga bentuknya.

Baca lainnya  Solusi Makanan Sehat, Menggunakan Minyak Apa?
{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan