Apa Sih Perbedaan Pastry dengan Bakery?

Meskipun pastry dan baking sama-sama melibatkan pembuatan roti dan kue, keduanya berbeda dalam hal spesifik produk yang dibuat, bahan dasar yang digunakan, dan tekstur produk akhir. Nah kira-kira apa sih perbedaan pastry dengan bakery?

Perbedaan Pastry dengan Bakery

Almond Croissant bakery camilan dok. duniamasak.com Apa Sih Perbedaan Pastry dengan Bakery?
Almond Croissant bakery camilan dok. duniamasak.com

Karena melibatkan pemanggangan atau pembakaran, bila dalam bahasa Inggris disebut dengan bake yang merupakan dasar dari kata Bakery. Demikian pula, kata “pastry” berasal dari kata Perancis “patisserie“, yang berarti “kue”, dan biasanya dibuat dengan tepung, garam, lemak, dan sedikit cairan. Berikut ini adalah perbedaan pastry dengan bakery yang jarang diketahui banyak orang:

Asal usul

Pastry dan bakery memiliki asal sejarah yang berbeda. Di Inggris, pastry awalnya digunakan untuk membuat pai daging yang dimasak di atas bara api. Di sisi lain, bakery berupa roti fermentasi telah dikenal sejak Mesir Kuno dan menjadi makanan pokok di seluruh dunia.

Bahan pembuatan

Bahan utama pembuatan pastry dan bakery berbeda, pastry biasanya terbuat dari telur, mentega, dan tepung, sedangkan bakery berupa tepung terigu, air, ragi, dan garam. Keduanya memerlukan penggunaan lemak untuk tujuan yang berbeda dimana pastry untuk menjaga tekstur dan lapisan, sedangkan bakery untuk rasa dan mencegah pengerasan. Baik bakey maupun pastry bisa menambahkan coklat untuk meningkatkan rasa dan aroma manis.

Baca lainnya  Tips Membuat Nasi Kuning Serta Resep Praktis Membuatnya!

Proses pengolahan

aneka roti mas dok. duniamasak review bakery
Aneka roti dok. duniamasak

Berbagai jenis kue, seperti croissant, puff pastry dan sejenisnya masing-masing memerlukan metode pengolahan yang berbeda yang mencakup penggilingan dan pelapisan lemak. Untuk berbagai jenis kue, adonan biasanya dibekukan sebelum dipanggang dan disajikan, tetapi produk bakery memiliki proses pengolahan yang sederhana yang dimulai dengan pengolahan bahan dan fermentasi dan adonan yang didiamkan sebelum dipanggang dan disajikan. Sebelum dipanggang, roti manis atau gurih mungkin memerlukan isian atau perasa tambahan.

Proses penyimpanan

Perbedaan penyimpanan bakery dan pastry harus sahabat Duma pahami agar kualitasnya tetap terjaga. Adonan pastry yang telah terlapis lemak dikemas dalam wadah kedap udara dan ditutup rapat agar tidak terkena tetesan air. Sedangkan bakery harus disimpan dalam plastik maupun kain yang diikat atau ditutup rapat agar tidak ada udara yang masuk.

Hasil produk

Perbedaan utama antara pastry dan bakery adalah produk yang dihasilkan. Bakery terutama berfokus pada berbagai jenis ourdough, baguette, ciabatta, dan roti manis. Sedangkan pastry sebagian besar terdiri dari kue manis dengan bagian luar yang renyah atau rapuh, seperti croissant, kue sus, dan danish pastry.

Baca lainnya  Tips Merawat Blender: Mudah dan Awet Digunakan
{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com