Cara Membuat Kopi Espresso Ala Barista di Rumah!

Sering dianggap sebagai dasar dari kopi, espresso berfungsi sebagai dasar untuk berbagai minuman kopi lainnya, seperti lattes, cappuccinos, macchiatos, americano, dan bahkan es kopi dengan susu. Lantas, bagaimana cara membuat kopi espresso ala barista di rumah?

Cara Membuat Kopi Espresso Ala Barista

Espresso on The Rock via dok. Dunia Masak Cara Membuat Kopi Espresso Ala Barista di Rumah!
Espresso on The Rock via dok. Dunia Masak

Teknik penyeduhan dengan tekanan air tinggi digunakan untuk membuat espresso yang pekat dengan rasa yang kuat dan tekstur yang kaya dan manis. Selain itu, espresso memiliki lapisan busa yang disebut crema. Mesin untuk membuat espresso biasanya ada di kafe, tetapi bagaimana jika sahabat Duma ingin menyeduh espresso sendiri di rumah?

Membuat secangkir espresso yang nikmat tetap mudah dan murah tanpa menggunakan mesin kopi mahal. Berbagai jenis pembuat espresso manual tersedia, yang mudah digunakan dan cocok untuk pemula dan menghasilkan rasa espresso yang nikmat. Berikut cara membuat kopi espresso ala barista di rumah:

French press

Mesin French press, yang murah untuk membuat espresso, bervariasi dalam harga berdasarkan ukurannya, lebih besar mesin press, lebih mahal. Alat seduh kopi ini terdiri dari wadah, tutup (logam atau plastik) dan alat penyedot untuk mengeluarkan ampas kopi. Prosesnya mudah dan efektif, hanya menggunakan bubuk kopi dan air panas. Berikut langkahnya:

  1. Untuk satu cangkir, gunakan French press untuk menambah dua sendok makan kopi bubuk kasar. Pastikan untuk menggunakan gilingan kasar agar ampas tidak tercampur dengan air.
  2. Tambahkan air panas ke dalam wadah kopi bubuk. Untuk ekstraksi yang optimal, pastikan suhu air 85–96 derajat Celcius; jika sahabat Duma tidak memiliki termometer, rebus air lalu diamkan selama 20–25 detik.
  3. Setelah dituang, diamkan air selama kira-kira 30 detik untuk melepaskan minyak dan aroma kopi, yang menghasilkan rasa yang lebih kaya.
  4. Biarkan kopi terendam selama empat menit. Setelah waktunya habis, mulailah menekan tombol yang memungkinkan kopi menyaring. Jika terasa berat, angkat sedikit sebelum menekan kembali hingga mencapai bagian bawah french press. Tekan perlahan. Untuk menghindari rasa pahit, tuangkan espresso segera setelah diseduh.
Baca lainnya  Membuat Mie Rumahan Anti Gagal dengan Bahan Berikut Ini!

Aeropress

Selain French press, sahabat Duma juga dapat membuat espresso dengan Aeropress, menurut Dripped Coffee, Aeropress didasarkan pada French press dan memiliki cara penyeduh yang mirip. Aeropress adalah instrumen berbentuk silinder dengan filter di bagian bawahnya. Bagian dasar dilapisi dengan bubuk kopi dan air sebelum alat penekan digunakan untuk menghasilkan tekanan. Cara kerjanya seperti jarum suntik namun kali ini tanpa jarum, fungsinya sama. Berikut langkahnya:

  1. Pasangkan filter di bagian bawah Aeropress yang digunakan untuk menyeduh kopi, lalu kencangkan bagian bawahnya. Tempatkan Aeropress di atas wadah atau gelas untuk menampung espresso. Untuk menghilangkan rasa kertas, bilas filter dengan air panas.
  2. Tuangkan dua sendok kopi bubuk halus ke dalam Aeropress dan kemudian tambahkan setengah cangkir air panas. Pastikan suhu air 85–96 derajat Celcius. Aduk dengan sendok dan diamkan selama 30 detik.
  3. Sekarang sahabat Duma dapat menekan tombol untuk menyeduh espresso. Tekan perlahan hingga espresso penuh mengalir ke dalam gelas. Sekarang secangkir espresso siap untuk dinikmati!
Baca lainnya  Tidak Banyak Tahu, Inilah Manfaat Daun Afrika Bagi Kesehatan
{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com