Manfaat Rumput Laut

 

1407-rumput-laut

Rumput laut adalah tanaman yang liar dan tumbuh di lautan. Selain itu rumput laut saat ini sudah banyak dibudidayakan oleh masyarakat sekitar pantai. Rumput laut bisa diolah menjadi aneka makanan dan minuman yang nikmat, seperti es rumput laut, agar-agar, tumis rumput laut, mie rumput laut, sushi, snack rumput laut dan masih banyak lagi. Namun, siapa yang menyangka biota laut yang banyak digunakan untuk membuat agar-agar ini ternyata juga mempunyai manfaat yang melimpah.

Dalam kandungan Rumput laut mengandung nutrisi yang terdiri dari 27.8% kadar air, 5.4%protein, 33.3% karbohidrat, 8.6% lemak, 3% serat, abu 22.25%,  dan masih banyak kandungan nutrisi yang terdapat dalam rumput laut. Selain itu rumput laut juga mengandung enzim, asam amino, vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, vitamin, E, vitamin K dan makro mineral.

Dengan kandungan yang begitu lengkap dalam rumput laut, tidak heran jika rumput laut memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Berikut, akan dijelaskan lebih lengkap mengenai manfaat dari rumput laut:

  1. Mencegah Penyakit Kanker
    Di dalam biota laut ini terdapat kandungan antioksidan tinggi yang mempunyai kemampuan untuk mencegah pertumbuhan sel-sel kanker yang disebabkan oleh efek radikal bebas.
  2. Menurunkan Berat Badan
    Rumput laut tidak mempunyai kandungan lemak dan kalori tinggi, karena untuk satu porsi rumput laut hanya mengandung kalori sebanyak 20 kkal. Oleh karena itu, rumput laut sangat cocok untuk dikonsumsi sebagai salah satu komponen menu diet sehat.
  3. Mengatur Fungsi Hormonal
    Kandungan yodium di dalamnya mempunyai peranan penting dalam proses metabolisme dan fisiologis tubuh untuk meensintesis hormon yang dihasilkan oleh kelenjar tiroid.
  4. Menurunkan Gula Darah dan Kolesterol
    Apabila dikonsumsi, rumput laut akan berubah menjadi gel untuk membantu sistem pencernaan di dalam tubuh. Dengan fungsi tersebut rumput berguna untuk mencegah tubuh untuk menyerap gula dan kolesterol dalam jumlah yang berlebihan.
  5. Mengeluarkan Racun di Dalam Tubuh
    Rumput laut mempunyai kemampuan untuk mengubah racun di dalam tubuh menjadi garam sederhana yang ramah terhadap tubuh dan kandungan klorofil di dalamnya dapat membantu proses detoksifikasi. [2]
  6. Menjaga Kesehatan Kulit
    Kandungan vitamin E dan vitamin C di dalamnya mempunyai kemampuan untuk menjaga kesehatan kulit agar terlihat lebih cerah, lembut, kencang dan halus.
  7. Menjaga Kesehatan Tulang
    Berkat kandungan vitamin D dan vitamin K di dalamnya, mengkonsumsi rumput laut dapat memberikan manfaat untuk menjaga kesehatan tulang, menguatkan tulang dan dapat membantu pertumbuhan tulang dengan maksimal.
  8. Mempercepat Penyembuhan Luka
    Di dalam rumput laut terdapat kandungan vitamin C yang juga berperan untuk mempercepat proses penyembuhan luka.
  9. Meningkatkan Sistem Imun
    Kandungan vitamin C juga mempunyai peran yang penting, yaitu untuk meningkatkan sistem imun atau sistem kekebalan tubuh dengan cara membantu pembentukan sel-sel darah putih di dalam tubuh.
  10. Membuat Tubuh Menjadi Sehat
    Karena kandungan garam di dalamnya dapat menjadikan rumput laut sebagai penganti garam yang biasa digunakan untuk memasak, sehingga rumput laut dapat menjadikan tubuh lebih sehat dibandingkan dengan menggunakan garam beryodium tinggi.

Sumber: mistercufflink.com/manfaat-rumput-laut.html

 

Baca lainnya  Kesehatan Kulit Hanya dengan Modal Jus: Berikut Rahasianya!
{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan