Manfaat Sayur Oyong Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Sayur Oyong Bagi Kesehatan Tubuh via motherandbeyond.id ala tim duniamasak.com

Sayuran hijau adalah sumber serat makanan yang baik, yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Gambas atau yang biasanya disebut dengan oyong (Luffa acutangula) bisa menjadi pilihan yang baik untuk sayuran hijau. Ada banyak manfaat oyong, seperti meningkatkan energi dan kinerja fisik, meningkatkan pencernaan, dan mengurangi peradangan. Nutrisi apa yang dimiliki oyong ini? Yuk kita cari tahu manfaat sayur oyong bersama Duma!

Manfaat Sayur Oyong

Manfaat Sayur Oyong Bagi Kesehatan Tubuh via sajiansedap ala tim duniamasak.com
Sayur oyong via sajiansedap

Selama ini hanya sedikit orang yang mengetahui banyak manfaat dari sayuran oyong ini, karena memang tidak sepopuler jenis sayuran lainnya. Kita tahu bahwa bahkan dari sayuran ini kita bisa memasak sayuran yang lezat. Manfaat sayur oyong untuk kesehatan juga sangat baik untuk tubuh. Bentuk sayuran ini tidak biasa dan sangat mirip dengan okra.

Oyong adalah sejenis sayuran okra Tiongkok yang biasa disantap di beberapa negara, seperti Amerika dan Kanada. Meski banyak juga masyarakat Indonesia yang mengonsumsi oyong, namun tidak banyak yang mengetahui manfaatnya. Sup akan terasa lebih enak jika kita menambahkan jenis sayuran lain ke dalamnya. Berikut manfaatnya:

Baca lainnya  Nyatanya Makanan Sehat Ini Bahaya Dikonsumsi Lho!

Anti radang

Manfaat makan sayur oyong yang pertama adalah dapat membantu mengurangi peradangan. Biji yang terdapat pada sayuran oyong dipercaya sebagai obat antiradang alami. Kandungan flavonoid dan asam fenolik dalam biji oyong dapat membantu mengurangi peradangan. Sayuran oyong juga dikenal memiliki khasiat pereda nyeri. Untuk mengekstrak biji oyong untuk sifat analgesiknya, penting untuk menghindari peradangan.

Kandungan nutirisi yang tinggi

Kebutuhan nutrisi selalu ada di dalam tubuh kita. Untuk mendapatkan jumlah nutrisi yang dianjurkan ini, bisa didapatkan dari makanan sehat seperti sayuran oyong. Sayuran ini dikemas dengan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti protein, lemak, karbohidrat, serat, vitamin, dan lainnya. Vitamin dan mineral yang terkandung dalam sayur oyong ini sangat mengesankan.

Mengatasi Sinusitis

Penggunaan produk homeopati yang mengandung ekstrak oyong tampaknya efektif dalam mengobati gejala sinusitis. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi hasil manfaat ini untuk sinusitis.

Baca lainnya  Khasiat Buah Anggur Untuk Kesehatan Tubuh

Meredakan alergi

Ada beberapa bukti bahwa semprotan hidung homeopati juga mengandung ekstrak dari sayuran oyong. Bahan lain, seperti belerang, galphimia glauca, dan histamin, juga efektif untuk mengobati semua gejala alergi, seperti rinitis.

Melawan mikroba

Manfaat lain dari sayuran oyong adalah efektif melawan virus, jamur, dan bakteri. Pada pengobatan tradisional India, sayuran oyong dianggap efektif melawan mikroba. Untuk sayuran yang sudah dalam bentuk bubuk juga mengandung etil asetat dan metanol. Kedua antibiotik tersebut dianggap efektif melawan bakteri, termasuk S. aureus, E. Coli, P. aeruginosa, dan B. subtilis.

{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *