Tips Menata Minuman atau Makanan di Showcase Agar Tampil Menarik!

Kamu mempunyai bisnis atau usaha kuliner? Tentu kamu memiliki showcase untuk minuman atau makanan di restoran ataupun cafemu ya! Eits, tapi kamu tahu nggak sih ada cara tersendiri untuk menata minuman di showcase? Ketika memutuskan untuk menggeluti bisnis kuliner, banyak hal yang harus diketahui, dan lakukan agar usaha tidak jalan ditempat bahkan collapse.

Nah, Salah satunya adalah dengan menata produk sesuai aturan dan estetika, terutama di dalam showcase produk. Dengan begitu, penghasilan akan semakin tinggi, karena konsumen akan dibuat puas dengan apa yang mereka beli dari restoranmu.

Cara Menata Minuman dan Makanan di Showcase

Showcase The Cool Denise menata minuman via www.duniamasak.com

Showcase The Cool Denise via www.duniamasak.com

Untuk menata produk tersebut, sebenarnya sudah diatur dalam sejumlah Standard Operating Procedure (SOP) sehingga tidak ada yang akan dirugikan dari penataan tersebut, baik penjual maupun pembeli karena harus mudah untuk dilihat, dipilih, dimengerti, diambil, dan dirapikan. Berikut ini cara menata minuman yang tepat

Pakai Cara ini untuk Menata Minuman dan Makanan di Showcasemu

  1. Ketika kamu memajang produk makanan pada showcase, hal pertama yang harus diperhatikan adalah menempatkan produk sesuai dengan kategori. Semisal, produk cake letakkanlah sesama cake, atau roti dengan topping yang sama. Begitu juga dengan minuman, letakkanlah satu jenis pada tempat yang sama.
  2. Pastikan kamu memberi label untuk setiap produk yang dipajang. Bisa sesuai dengan kategori, atau jenis produk tersebut. Usahakan nama produknya memotivasi untuk dibeli, dan bila perlu sertakan foto dan detail produk tersebut.
  3. Soal ukuran, pastikan kamu meletakkan kue atau minuman dengan ukuran besar di bagian paling bawah, dan yang paling kecil di bagian atas, sehingga semua jenis bisa terlihat dengan sempurna. Begitu juga dengan tinggi, usahakan dalam satu tempat, produk yang kamu tata memiliki tinggi yang sama, sehingga siapapun yang melihat akan terkesima karena produkmu tampak eye catching.
  4. Pastikan meletakkan produk menghadap ke depan, sehingga konsumen bisa melihat dengan sempurna, dan memilih sesuai keinginannya. Jangan pernah meletakkan produk gagal di dalam showcase karena akan menurunkan nilai jual dari produk, dan upayakan untuk segera memenuhi kembali semua posisi produk yang kosong, sehingga bisa terlihat mana produk yang harus segera ditambah produksinya mana yang tidak.
  5. Tentukan area pada showcasemu. Mulai dari area best seller yang ditempati oleh produk-produk unggulanmu, lalu  area impulse yang merupakan area tempat produk strategis untuk dibeli pada kondisi tiba-tiba. Mungkin kamu pernah melihat di depan sebuah kasir toko terdapat beberapa produk seperti makanan ringan, permen, hingga parfum, itulah yang disebut area impulse. Lalu pastikan ada area promosi yang nantinya diisi produk terbarumu dengan harga promosi, atau produk yang sedang kamu beri potongan harga/diskon.
Baca lainnya  Gelato VS Es Krim

Apa Manfaat Penataan Produk Yang Tepat Pada Showcasemu?

Memang sekilas tak terlihat dampak signifikan dari penataan produk yang benar, namun ketika dikaji lebih dalam, ternyata hanya dengan mengikuti prosedur penataan barang yang benar, akan meningkatkan penjualan produkmu lho! Apalagi jika ditunjang dengan model showcase yang menarik dan indah dipandang.

Selain itu, akan memudahkanmu untuk inventarisir produk, sehingga terlihat mana produk yang laku keras dan harus diproduksi dalam jumlah lebih banyak, dan mana produk yang sebaiknya dihentikan produksi karena tidak memiliki konsumen yang banyak.

Manfaat lainnya adalah mempercepat perputaran dari produkmu, serta meningkatkan daya saing dengan pebisnis lain. Mungkin saat ini kamu menyadari bahwa ternyata selama ini ada sedikit kesalahan yang dilakukan saat menata barang di dalam showcase. Segeralah perbaiki, dan rasakan efek luar biasa untuk jangka panjang bagi bisnismu ya!

Baca lainnya  Cari Tahu Ukuran Paper Cup untuk Usaha Minuman!
{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan