Senyawa Dalam Kopi yang Baik Bagi Kesehatan, Tidak Hanya Kafein!

Hingga saat ini, umumnya dari kita tahu bahwa satu-satunya zat yang memiliki efek kesehatan dalam kopi adalah kafein. Namun, telah ditemukan bahwa beberapa senyawa lain juga dapat memiliki efek menguntungkan pada tubuh. Apa saja senyawa dalam kopi yang baik bagi kesehatan selain kafein?

Tak Hanya Kafein, Berikut Senyawa Dalam Kopi yang Baik Bagi Kesehatan!

memilih kemasan kopi via freepik ala tim duniamasak.com
Kopi via freepik

Banyak orang percaya bahwa kopi baik untuk kesehatan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kopi dalam jumlah sedang dapat dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan, seperti penurunan berat badan, kesehatan jantung yang baik, dan sebagainya. Selama ini mungkin kita hanya tahu bahwa kopi mengandung kafein yang dapat mempengaruhi kesehatan. Ada beberapa kandungan lain dalam kopi yang juga bisa memberikan efek positif bagi kesehatan tubuh. Berikut iniadalah senyawa dalam kopi yang baik bagi kesehatan!

Alkaloid

Selain kafein, alkaloid penting lainnya yang ditemukan dalam kopi adalah trigonelin. Trigonelin kurang dipelajari daripada kafein. Penelitian telah menunjukkan bahwa alkaloid ini mungkin memiliki manfaat kesehatan, seperti mengurangi risiko [diabetes tipe 2).

Baca lainnya  Nama Lain Bubur di Setiap Negara

Melanoidin

Senyawa yang dihasilkan selama proses penyangraian memberikan kopi sangrai warna dan rasa. Sifat prebiotik dari makanan tertentu mungkin juga memiliki efek menguntungkan pada kesehatan usus.

Diterpen

Kopi mengandung dua jenis terpene nabati – cafestol dan kahweol – yang bertanggung jawab atas minyak kopi, zat alami seperti lemak yang dilepaskan selama pembuatan kopi. Diterpen meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

Polifenol

Beberapa penelitian terbaru menunjukkan bahwa senyawa ini, yang ditemukan di banyak tanaman, termasuk kakao dan blueberry, mungkin bermanfaat bagi jantung dan pembuluh darah Anda. Polifenol dapat membantu melindungi terhadap penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer. Bahan utama dalam kopi adalah polifenol yang disebut asam klorogenat. Polifenol ini membantu memberikan rasa dan aroma khas kopi.

Nah bagaimana sahabat Duma? Ternyata kandungan dalam kopi tidak hanya kafein ya? Banyak manfaat yang terkandung dalam kopi. Kalau sudah tahu manfaatnya kira-kira sahabat Duma mau minum kopi dengan es atau tanpa es?

Baca lainnya  Fakta Seputar Kopi untuk Anak: Simak Penjelasannya di Bawah!
{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com

Tinggalkan Balasan