Tips Aman Puasa Bagi Ibu Menyusui

Ibu menyusui mungkin ragu tentang boleh tidaknya berpuasa saat menyusui. Sebetulnya ibu menyusui boleh saja berpuasa. Jika mereka melakukannya, maka harus mempertimbangkan dan mengikuti tips aman puasa bagi ibu menyusui dalam ulasan ini.

Aman Puasa Bagi Ibu Menyusui

Ibu dan anak via freepik/freepik
Ibu dan anak via freepik/freepik

Meskipun ada perbedaan pendapat secara medis, beberapa orang berpendapat bahwa berpuasa dapat memberikan manfaat bagi ibu menyusui. Menurut hukum Islam, mereka tidak diwajibkan berpuasa dan dapat mengqadha di kemudian hari. Berikut ini tips aman puasa bagi ibu menyusui:

Perhatikan kondisi bayi

Perhatikan apakah ada tanda-tanda bayi mengalami dehidrasi atau bayi kurang mendapat ASI. Tak hanya kondisi ibu, perhatikan juga kondisi bayi selama ibu menyusui berpuasa.

Jangan lewatkan sahur

Sangat penting bagi ibu menyusui yang berpuasa untuk tidak melewatkan sahur karena dapat membantu memperlancar produksi ASI dan memastikan bayi mendapat ASI yang cukup. Ini karena saat ibu berpuasa, asupan kalorinya berkurang tetapi tubuhnya tetap memproduksi ASI menggunakan energi dari makanan terakhir ibu, yang biasanya dikonsumsi saat sahur.

Perbanyak minum air putih

Ibu yang sedang berpuasa harus memperhatikan untuk banyak minum air putih dua hari sebelum memulai puasa agar mereka tetap terhidrasi sepanjang hari. Mereka harus minum setidaknya delapan gelas air putih setiap hari, dan mereka juga dapat mengonsumsi makanan berkuah, jus, atau susu untuk memenuhi kebutuhan cairan mereka. Namun, selama menyusui, ibu harus menghindari minuman berkafein seperti kopi, teh, soda, dan alkohol.

Baca lainnya  Donat Unik ini Harus Kamu Coba!

Kurangi aktivitas fisik

Saat berpuasa, ibu menyusui dapat mengalami dehidrasi karena cuaca panas dan aktivitas fisik, yang dapat melemahkan tubuh mereka dan mengurangi suplai ASI. Oleh karena itu, penting bagi ibu menyusui untuk mengurangi paparan sinar matahari dan aktivitas fisik. Mereka juga harus lebih banyak beristirahat saat berpuasa dan melakukan tugas yang membutuhkan tenaga sebelum berpuasa, seperti membeli makanan.

Konsumsi makanan yang bergizi

Pastikan makanan sahur dan berbuka cukup gizi untuk ibu menyusui. Disarankan agar makanan ibu menyusui yang berpuasa memenuhi daftar zat gizi berikut. Makanan yang mengandung protein, seperti daging, ayam, ikan, telur, atau kacang-kacangan, dan makanan yang mengandung pati, seperti nasi, kentang, pasta, atau roti. Sayuran dan buah-buahan, serta biji-bijian dan makanan berserat lainnya.
Susu dan produk olahannya, termasuk keju, yoghurt, dan keju. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin mereka, ibu menyusui juga dapat mengonsumsi suplemen vitamin saat sahur. Untuk mengetahui suplemen vitamin ibu menyusui yang tepat untuk sahabat Duma, sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

Baca lainnya  Menu Makanan Anak 4 Sehat 5 Sempurna
{{ item.name }}

{{ item.name }}

In DuniaMasak.com